Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:42:56ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-19T06:55:00Z2019-01-29T19:10:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13440This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/134402015-03-19T06:55:00ZMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR DENGAN TEKNIK SPUIT PADA ANAK KELOMPOK BTK NEGERI 3 SLEMAN PAKEM SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar
dengan teknik Spuit pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri 3
Sleman Pakem Sleman. Teknik Spuit adalah membuat atau melakukan sesuatu
dengan sebuah semprotan yang berfungsi membentuk motif dekorasi sesuai
dengan corak mata Spuit yang sudah dimodifikasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang
menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek pada penelitian ini adalah
anak kelompok B TK N 3 Sleman, Pakem, Sleman yang berjumlah 15 anak yang
terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen yang
digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis
data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan
dari penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75 % anak
mengalami peningkatan pada kemampuan menggambar dengan teknik Spuit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menggambar
meningkat setelah adanya tindakan dengan teknik Spuit. Pada saat dilakukan
observasi, awal presentase kemampuan menggambar anak adalah 54,81 %, setelah
diadakan tindakan mengalami peningkatan sebesar 74,36 %. Persentase ini belum
mencapai indikator keberhasilan yang diinginkan, maka dilakukan tindakan pada
siklus II dan mendapatkan persentase sebesar 81,52 %, perolehan persentase ini
dikategorikan pada predikat sangat baik. Langkah-langkah yang ditempuh
sehingga kemampuan menggambar anak dapat meningkat adalah: guru
mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan untuk menggambar berupa
media dengan teknik Spuit, kertas gambar, contoh gambar sesuai tema yang
dibuat oleh guru, serta contoh gambar lain yang mendukung tema pada saat
kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru juga mendemonstrasikan cara
menggambar menggunakan media dengan teknik Spuit pada anak-anak sebelum
kegiatan dimulai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik Spuit dapat
meningkatkan kemampuan menggambar anak kelompok B TK N 3 Sleman
Pakem Sleman.
Kata kunci: menggambar, menggambar anak, teknik SpuitAyuningtyas Devi Nur’aini