Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T06:59:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-15T01:34:35Z2019-10-01T11:59:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39666This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/396662016-08-15T01:34:35ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
SMA KOLOMBO SLEMAN
Jl. Rajawali No. 10 Kompleks Kolombo Sleman Yogyakarta
1 Juli- 17 September 2014Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester
khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Kolombo telah dilaksanakan oleh
mahasiswa pada tanggal 1 Juli – 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini
terdiri dari 9 mahasiswa dari 5 program studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan
Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kesehatan
Jasmani dan Rekreasi.
Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar
memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan
lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga
keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar,
pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah.
Praktek mengajar dimulai dari tanggal 18 Agustus 2014 sampai dengan 15
September 2014, dilakukan sebanyak 18 kali pertemuan di kelas X MIA, X IIS 1, X
IIS 2, XII IPS 1, XII IPS 2, dan XII IPA. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi
zaman praaksara, corak kehidupan masyarakat dan Tipologi hasil kebudayaan zaman
praaksara (kelas X), perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal
kemerdekaan sampai tahun 1950 (kelas XII IPS), dan Merekonstruksi perkembangan
masyarakat Indonesia pada masa Orde Baru (XII IPA).
Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya
bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek
mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar
mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari
dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan
kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang
dimilikinya.
Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL
yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran
berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa
terutama saat penguasaan kelas dan menerangkan materi karena ada sebagian siswa
yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan
dan ketidak jelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan
respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan
kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan
yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.Devi Ciptyasari Devi Ciptyasari