Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:20:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-30T08:30:42Z2019-01-30T05:10:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27816This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/278162015-10-30T08:30:42ZKEEFEKTIFAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPAKAIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI PEMBINA YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan disertai grafik sebagai penyajian datanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan tutor sebaya efektif untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB N Pembina Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis pelaksanaan tes, hasil pencatatan durasi waktu, dan hasil observasi. Hasil pelaksanaan tes mengalami kestabilan dan rata-rata 9 poin pada fase baseline (A1) dan fase baseline (A2) Hasil pencatatan durasi waktu mengalami penurunan, sehingga dapat diketahui bahwa keterampilan subjek membaik dengan
kecenderungan stabilitasnya 100%. Perubahan levelnya meningkat 5 poin pada fase baseline (A1), meningkat 7 poin pada fase intervensi (B), meningkat 8 poin pada fase baseline (A2). Hasil analisis observasi kecederungan stabilitas 100% serta menaik 12 poin. Data overlap menunjukkan 33,3% untuk hasil tes, sedangkan 0% untuk durasi waktu, sehingga pengaruh intervensi terhadap subjek dapat diyakini.Nur Endah Rohmawati Devi