Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:30:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-09-03T04:32:14Z2019-01-30T03:22:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25819This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/258192015-09-03T04:32:14ZKEPUASAN WARGA SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM
MANAJEMEN MUTU DALAM HAL PELAYANAN
DI SMK N 2 YOGYAKARTAKEPUASAN WARGA SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM
MANAJEMEN MUTU DALAM HAL PELAYANAN
DI SMK N 2 YOGYAKARTA
Oleh:
Detha Rintiansyah Putri
NIM. 08505241005
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik implementasi
standar Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dalam pelaksanaan
pelayanan pendidikan di SMK N 2 Yogyakarta diukur dari tingkat kepuasan
siswa, guru dan karyawan sebagai pelanggan.
Jenis penelitian ini adalah survey tingkat explanasi deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah warga SMK N 2
Yogyakarta selaku pelanggan yang berjumlah 1826 subjek. Pengambilan jumlah
sampel dengan menggunakan nomogram Harry King didapat 328 sampel. Jumlah
sampel setiap kelompok diambil secara stratified random sampling dengan hasil
pembagian 37 guru, 12 karyawan, dan 279 siswa. Instrumen variabel kepuasan
pelanggan digunakan angket tipe likert dengan rentang skor 1 sampai dengan 4.
Validasi instrumen digunakan analisis butir dengan rumus product moment, dan
uji reliabilitas digunakan alpha cronbach. Data dianalisis dengan uji
kecenderungan dan teknik persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang merasa sangat
puas sebanyak 4,3% responden, puas sebanyak 24% responden, cukup puas
sebanyak 45,2% responden, kurang puas sebanyak 19% responden dan sangat
tidak puas sebanyak 7,5% responden. Kepuasan siswa berada pada kategori tinggi
dengan persentase sebanyak 65,80%. (2) Guru yang merasa sangat puas sebanyak
10,8% responden, puas sebanyak 16,2% responden, cukup puas sebanyak 37,8%
responden, kurang puas sebanyak 27,1% responden dan sangat tidak puas
sebanyak 8,1% responden. Kepuasan guru berada pada kategori tinggi dengan
persentase sebanyak 65,80%. (3)Karyawan yang merasa sangat puas sebanyak
8,3% responden, puas sebanyak 8,3% responden, cukup puas sebanyak 50%
responden, kurang puas sebanyak 33,4% responden dan sangat tidak puas
sebanyak 0% responden. Kepuasan karyawan berada pada kategori tinggi dengan
persentase sebanyak 75,86%.
Kata kunci : Kepuasan, Pelayanan, Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008Rintiansyah Putri Detha