Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:01:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-01T04:56:48Z2019-10-01T11:47:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35966This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/359662016-07-01T04:56:48ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015
SMP NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMANPelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah
praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam
menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas
Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki
kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau
lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau
kependidikan.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan pembelajaran disekolah.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngemplak, tepatnya di
Jangkang, Widodomartani dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 dan diakhiri pada
tanggal 12 September 2015. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan
mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi yang
dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2015. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata
kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa
dalam mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu sarana bagi mahasiswa
UNY untuk dapat menerapkan langsung ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan
konsentrasi masing-masing progam studi. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) akan
menjadikan mahasiswa untuk dapat mendalami proses pemberian ilmu pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial secara langsung, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan
profesionalisme yang tinggi sebagai calon guru Ilmu Pengetahuan Sosial. Keberhasilan
proses Pembelajaran dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tergantung kepada unsur
utama (guru, murid, orang tua dan perangkat sekolah) ditunjang dengan sarana dan
prasarana pendukung. Program yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi
keberhasilan semua pihak yang terkait. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini, hendaknya
disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan
meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMP Negeri 1 Ngemplak agar
PPL dimasa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat
bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan itu sendiri.Desy Artian Maharani Desy Artian Maharani