Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:47:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-09-15T00:58:58Z2019-01-30T10:58:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41343This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/413432016-09-15T00:58:58ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDANPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN
Oleh
Desti Widiyana NIM. 09520244035
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05. Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, KKPIWidiyana Desti2016-09-09T00:46:32Z2019-01-30T10:56:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41257This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/412572016-09-09T00:46:32ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDANPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN
Oleh
Desti Widiyana NIM. 09520244035
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05. Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, KKPIWidiyana Desti2016-09-05T03:36:33Z2019-01-30T10:52:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41073This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/410732016-09-05T03:36:33ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDANPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN
Oleh
Desti Widiyana NIM. 09520244035
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05. Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, KKPIWidiyana Desti2016-06-24T01:37:32Z2019-01-30T09:45:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35334This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/353342016-06-24T01:37:32ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,
RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI
PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDANPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,
RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI
PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN
Oleh
Desti Widiyana
NIM. 09520244035
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI
siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent
Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa
kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE
sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa
sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan
ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software
spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan
sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata
kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas
tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata
pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat
perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi
perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest
(Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh
peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model
pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)
dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05.
Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, KKPIWidiyana Desti2016-06-24T01:34:30Z2019-01-30T09:45:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35323This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/353232016-06-24T01:34:30ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,
RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI
PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDANPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,
RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI
PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN
Oleh
Desti Widiyana
NIM. 09520244035
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI
siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent
Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa
kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE
sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa
sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan
ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software
spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan
sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata
kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas
tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata
pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat
perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi
perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest
(Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh
peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model
pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)
dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05.
Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, KKPIWidiyana Desti2015-06-05T03:38:08Z2019-01-29T23:14:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20044This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/200442015-06-05T03:38:08ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,
RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI
PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDANPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,
RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI
PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN
Oleh
Desti Widiyana
NIM. 09520244035
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI
siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent
Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa
kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE
sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa
sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan
ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software
spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan
sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata
kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas
tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata
pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat
perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi
perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest
(Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh
peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model
pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)
dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05.
Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, KKPIWidiyana Desti2013-05-28T01:47:34Z2019-01-29T18:41:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10510This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/105102013-05-28T01:47:34ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05.
Widiyana Desti 2013-05-21T04:07:31Z2019-01-29T18:40:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10459This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/104592013-05-21T04:07:31ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE,
RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION)
TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI
PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI
siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent
Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa
kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE
sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa
sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan
ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software
spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan
sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata
kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas
tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata
pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat
perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi
perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest
(Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh
peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model
pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction)
dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05.
Kata kunci: Model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, KKPIWidiyana Desti