Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:57:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-01T07:23:34Z2019-10-01T11:47:09Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33615This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/336152016-06-01T07:23:34ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan wadah kegiatan belajar
mahasiswa yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk menyempurnakan
pengetahuan teori yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan,
sehingga target kompetensi yang digarapkan dapat tercapai. Kegiatan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) melatih dan meningkatkan kualitas diri mahasiswa
dalam hal pembelajaran di sekolah yang tujuannya adalah untuk melatih mahasiswa
agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata berkenaan dengan proses belajar
mengajar. Dengan adanya PPL ini, diharapkan mahasiswa akan memiliki bekal untuk
mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional pada saat
memasuki dunia kerja. Lokasi pratikan melaksanakan PPL adalah di SMK Negeri 1
Klaten yang beralamatkan di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 22 Klaten.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL
meliputi praktik mengajar, dimana mahasiswa terjun secara langsung ke lapangan
atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar. Dengan
diterjunkannya mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah, diharapkan mahasiswa
mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan
kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai
bekal untuk membentuk keprofesionalannya. Praktik mengajar yang dilakukan di
kelas bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan
ini praktikan mengajar mata pelajaran Korespondensi kelas X AP1, X AP2 dan X
AP3. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran cukup bervariasi
diantaranya dengan ceramah, diskusi, tanya jawab dan juga kerja kelompok. Adapun
media yang digunakan yaitu kertas, whitebroad, spidol maupun laptop. Hasil yang
didapatkan dalam melakukan praktik mengajar Korespondensi yaitu peserta didik
dapat mencapai kompetensi yang harus dicapai.
Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh tiap
mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya beberapa
hambatan dapat dipastikan selalu timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain:
dalam pengelolaan kelas, pengelolaan waktu, dan penggunaan alat pendukung
pembelajaran. Tetapi mahasiswa selalu berusaha untuk menekan hambatan yang
terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya
kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat pengalaman nyata yang dapat menjadi
landasan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia
pendidikan.Desi Kurnia Rahmawati Desi Kurnia Rahmawati