Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:43:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-26T23:53:06Z2019-10-01T11:59:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42863This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/428632016-10-26T23:53:06ZLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli
2014 sampai dengan 17 September 2014 bertempat di SMK N 1 Pengasih yang
beralamat di Jl. Kawijo 11 Pengasih, Kulon Progo, DIY. Tujuan dari kegiatan
PPL ini agar mahasiswa memiliki berbagai pengalaman di sekolah, seperti ketika
mengikuti berbagai kegiatan yang ada di sekolah, mendidik siswa SMK sesuai
bidang keahlian masing – masing mahasiswa dan cara mengatasi berbagai
permasalahan yang ada di lapangan. Sebelum pelaksanaan PPL dimulai,
mahasiswa terlebih dahulu mengikuti micro teaching untuk mengasah
ketrampilan-ketrampilan yang berhubungan dengan persiapan menjadi seorang
calon guru atau pendidik, pembekalan PPL, dan observasi untuk memperoleh data
yang diperlukan dalam penyusunan program kerja. Data tersebut meliputi kondisi
sekolah berkaitan dengan sarana prasarana, kegiatan pembelajaran serta potensi
yang ada di SMK N 1 Pengasih.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan
PPL meliputi pembuatan RPP, menyiapkan materi ajar, media pembelajaran,
praktik mengajar, dimana mahasiswa terjun secara langsung ke lapangan atau
tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar, dan sebagian
adminitrasi mengajar. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan
masyarakat sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang
pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan,
sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk
membentuk keprofesionalannya.
Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh
mahasiswa dapat berjalan dengan baik karena bimbingan dari guru dan dosen
pembimbing lapangan. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa
hambatanantara lain : dalam pengelolaan penilaian, dan pengelolaan waktu.
Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan
gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan.
Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangat
mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik.Desi Astuti Desi Astuti