Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:48:04ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-28T08:14:08Z2019-10-01T11:47:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35549This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/355492016-06-28T08:14:08ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) UNY 2015
LOKASI SMP N 3 KALASANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan.
Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu
yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan.Mahasiswa diberikan kesempatan
untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat
faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Kegiatan PPL
dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses
pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal
bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan
yang digunakan sebagai tenaga pendidik.
SMP N 3 Kalasan berlokasi di Sidikerto, Purwomartani, Kalasan, Sleman
merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan
Kabupaten Sleman. Program PPL di SMP N 3 Kalasan dilaksanakan pada tanggal 10
Agustus sampai dengan 12 September 2015.Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi
tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan.
Pelaksanaan PPL di sekolah dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah
ditentukan.Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan
minimal 6 kali pertemuan. Dalam pelaksanaan PPL di SMP 3 Kalasan sudah
memenuhi 6 kali Pertemuan dengan mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial di 4 kelas yaitukelas VII A, VII B, VII C dan VII D. Metode yang digunakan
dalam pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosialdi kelas antara lain, diskusi, tanya jawab,
ceramah,stay and stray, picture and picture, every one is teacher dan metode Jigsaw.
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain alat
praktikum serta LKS.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan
gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.
Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya
program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini
diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.
ProgramPPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi
mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut
berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah
tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa,
tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat
membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan IndonesiaDenny Prastyo Denny Prastyo