Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:41:03ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-17T08:35:59Z2019-10-01T11:34:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46031This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/460312017-01-17T08:35:59ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016
LOKASI SMA NEGERI 1 NGAGLIK
Jalan Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, SlemanPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan.
Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu
yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan
kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu
yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan.
Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai
proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan
sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan,
dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik.
SMA Negeri 1 Ngaglik berlokasi di Dusun Kayunan, Kelurahan Donoharjo,
Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, merupakan salah satu sekolah yang berada
di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Program PPL di SMA
Negeri 1 Ngaglik dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September
2016. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar,
dan pelaksanaan.
Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan
pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran
di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali
pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas
sebanyak 16 kali untuk 2 kelas. yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPS 1. Metode yang
digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah,
permainan, dan cooperative learning. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran
digunakan beberapa media, antara lain alat praktikum. Banyak kendala dan
hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun
ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena
peserta didik sangat aktif dan antusias dalam praktikum sehingga segera melakukan
praktikum tanpa memperhatikan petunjuk dari guru. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMA memang dalam perkembangan seperti itu,
dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman
dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di
sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung
terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya
kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan
berkualitas.Denny Akbar Rusnawan Denny Akbar Rusnawan