Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:01:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-26T08:59:16Z2019-10-01T11:47:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31920This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/319202016-04-26T08:59:16ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMKN 1 SEDAYU YOGYAKARTA
Alamat: Pos Kemusuk, Sedayu, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta 55753Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah
praktik lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa yang dilaksanakan pada tahun
2015, tanggal 10 Agustus hingga 12 September. Tujuan kegiatan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai program pembelajaran bagi
mahasiswa untuk terjun langsung di kelas menjadi seorang pendidik dan
memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan
manajerial di sekolah dalam rangka pengembangan kompetensi calon pendidik.
Sesuai dengan Visi PPL yaitu menjadi wahana pembentukan calon guru atau tenaga
kependidikan yang profesional. Dengan program ini mahasiswa disiapkan menjadi
tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan
profesional sesuai dengan misi PPL.
Sebelum melakukan kegiatan PPL, mahasiswa praktikan harus menempuh
serangkaian prosedur yang berlaku terlebih dahulu, yaitu: harus lulus mata kuliah
wajib Micro Teaching (Pengajaran Mikro), observasi lapangan, observasi
kelas, observasi lingkungan, serta mengikuti pembekalan yang diadakan jurusan
masing-masing mahasiswa. Sedangkan tahap akhir dari kegiatan PPL merupakan
penyusunan Laporan Kegiatan PPL mulai dari persiapan (observasi) sampai
evaluasi. Secara umum, siswa-siswi SMK N 1 Sedayu memiliki semangat belajar
yang cukup tinggi. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung di dalam
kelas. Dalam hal ini praktikan memperoleh kesempatan mengajar di kelas XI TKR
A, XI TKR B, XI TKR C dan XI TKR D. Pada kegiatan KBM mahasiswa
mengampu mata pelajaran Sistem Kelistrikan Otomotif , dalam melaksanakan
KBM mahasiswa mendapatkan alokasi waktu 6 jam pelajaran untuk mengajar 1 kelas
TKR. KBM berjalan lancar, walaupun sesekali terdapat kendala dalam mengatasi
siswa yang cenderung “aktif” (sulit di atur dan ramai sendiri).
Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang
belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam
mengajar di kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik. Dalam pelaksanaan
program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan
tetapi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik maka segala hambatan
dapat teratasi dengan mudah.Deni Suhariyanto Deni Suhariyanto