Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:10:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-14T03:06:22Z2019-01-30T09:35:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34508This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/345082016-06-14T03:06:22ZPENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK
TUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA
MELALUI KEGIATAN PRAMUKAPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan orientasi dan
mobilitas siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta.
Penilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu
dua siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian
dilakukan dalam dua siklus. Tindakan pengumpulan data dilakukan dengan
pendekatan observasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni
kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pramuka dapat
meningkatkan kemampuan orientasi dan mobilitas siswa tunanetra kelas V di SLB
A Yaketunis Yogyakarta. Peningkatan pada siklus I, subyek 1 sebesar 36,67%
kemampuan awal 40% menjadi 76,67%, subyek 2 sebesar 20%, kemampuan awal
30% menjadi 50%. Peningkatan pada siklus II yaitu subyek 1 sebesar 50%,
kemampuan awal sebesar 40% menjadi 90%, subyek 2 sebesar 40%, kemampuan
awal 30% menjadi 70%. Siklus I, data peresentase tersebut diperoleh dengan
mengamati kemampuan orientasi dan mobilitas siswa proeses kegiatan pramuka,
pemahaman teknik tongkat panjang yang menerapkan teknik orientasi dan
mobilitas subyek pada teknik penggunaan tongkat panjang. Materi pokok pada
siklus I adalah siswa tunanetra menyebutkan alat yang digunakan sebagai
penunjuk arah pada saat berjalan, pegangan tongkat yang baik digunakan pada
tongkat terbuat dari bahan karet, teknik indoor menyilang tubuh dengan
menggunakan tongkat yang baik dan benar pada saat melewati jalan sempit dan
jalan berlubang pada saat kegiatan pramuka. Aspek penilaian dengan memahami
teknik yang terdapat pada penggunaan tongkat pada kegiatan menyusuri jalan di
sekitar kegiatan pramuka, penggunaan tongkat panjang menghindari jalan
berlubang jalan yang sempit dan teknik naik turun tangga pada kegiatan wide
game saat pramuka. Materi pokok pada siklus II mengulangi materi pada proses
siklus I namun terdapat perbedaan pada jalur wide game, dan pendapingan lebih
terfokus pada subyek II. Materi alat yang digunakan sebagai penunjuk arah pada
saat perjalanan, pegangan tongkat yang baik digunakan pada tongkat terbuat dari
karet, teknik indoor menyilang tubuh dengan menggunakan tongkat yang baik dan
benar.Cahya Padholi Deni