Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:49:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-09-19T01:17:39Z2019-01-30T11:00:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41421This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/414212016-09-19T01:17:39ZPENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR TEMPEL DENGAN BANTUAN MEDIA PAPAN MAGNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR PNEUMATIK DAN HIDROLIK DI SMK NEGERI 3PENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR TEMPEL DENGAN BANTUAN MEDIA PAPAN MAGNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR PNEUMATIK DAN HIDROLIK DI SMK NEGERI 3
YOGYAKARTA
Oleh : Deni Bayu Sutanto
NIM. 07503245011
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui prestasi belajar rangkaian
komponen hidrolik setelah menggunakan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet, (2) Mengetahui pengaruh penggunaan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet terhadap prestasi belajar rangkaian komponen hidrolik, (3) Mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kelas ekperimen dan kelas kontrol.
Setting penelitian adalah SMK N 3 Yogyakarta yang berlokasi di Jl. W.Monginsidi No. 2A Yogyakarta. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Permesinan tahun ajaran 2010/2011. Terdiri dari data responden ahli materi (1 dosen), ahli media (1 dosen), uji coba dalam kelompok eksperimen (31 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test. Untuk tes post-test dengan jumlah soal 40 butir. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversikan menjadi data kualitatif untuk mengetahui kriteria penilaian media dan kelayakan media yang sedang dikembangkan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) prestasi belajar siswa menjadi lebih baik bila dibandingkan dengan sebelum menggunakan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet. (2) penggunaan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai t-hitung sebesar 4,279 dan tingkat signifikannya 0,000<0,05. (3) ada perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas yang diberikan perlakuan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan menggunakan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet. Kelas eksperimen (kelas yang diberi perlakuan) memiliki prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol (kelas tanpa perlakuan).
. Kata kunci : Gambar Tempel Dengan Bantuan Media Papan Magnet,
Pembelajaran Rangkaian Komponen HidrolikBayu Sutanto Deni2016-09-05T03:36:28Z2019-01-30T10:52:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41074This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/410742016-09-05T03:36:28ZPENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR TEMPEL DENGAN BANTUAN MEDIA PAPAN MAGNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR PNEUMATIK DAN HIDROLIK DI SMK NEGERI 3
YOGYAKARTAPENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR TEMPEL DENGAN BANTUAN MEDIA PAPAN MAGNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR PNEUMATIK DAN HIDROLIK DI SMK NEGERI 3
YOGYAKARTA
Oleh : Deni Bayu Sutanto
NIM. 07503245011
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui prestasi belajar rangkaian
komponen hidrolik setelah menggunakan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet, (2) Mengetahui pengaruh penggunaan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet terhadap prestasi belajar rangkaian komponen hidrolik, (3) Mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kelas ekperimen dan kelas kontrol.
Setting penelitian adalah SMK N 3 Yogyakarta yang berlokasi di Jl. W.Monginsidi No. 2A Yogyakarta. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Permesinan tahun ajaran 2010/2011. Terdiri dari data responden ahli materi (1 dosen), ahli media (1 dosen), uji coba dalam kelompok eksperimen (31 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test. Untuk tes post-test dengan jumlah soal 40 butir. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversikan menjadi data kualitatif untuk mengetahui kriteria penilaian media dan kelayakan media yang sedang dikembangkan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) prestasi belajar siswa menjadi lebih baik bila dibandingkan dengan sebelum menggunakan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet. (2) penggunaan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai t-hitung sebesar 4,279 dan tingkat signifikannya 0,000<0,05. (3) ada perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas yang diberikan perlakuan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan menggunakan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet. Kelas eksperimen (kelas yang diberi perlakuan) memiliki prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol (kelas tanpa perlakuan).
. Kata kunci : Gambar Tempel Dengan Bantuan Media Papan Magnet,
Pembelajaran Rangkaian Komponen HidrolikBayu Sutanto Deni2015-09-01T03:02:52Z2019-01-30T03:18:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25732This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/257322015-09-01T03:02:52ZPENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR TEMPEL DENGAN BANTUAN
MEDIA PAPAN MAGNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR
PNEUMATIK DAN HIDROLIK DI SMK NEGERI 3
YOGYAKARTAPENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR TEMPEL DENGAN BANTUAN
MEDIA PAPAN MAGNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR
PNEUMATIK DAN HIDROLIK DI SMK NEGERI 3
YOGYAKARTA
Oleh : Deni Bayu Sutanto
NIM. 07503245011
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui prestasi belajar rangkaian
komponen hidrolik setelah menggunakan gambar tempel dengan bantuan media
papan magnet, (2) Mengetahui pengaruh penggunaan gambar tempel dengan
bantuan media papan magnet terhadap prestasi belajar rangkaian komponen
hidrolik, (3) Mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kelas ekperimen dan
kelas kontrol.
Setting penelitian adalah SMK N 3 Yogyakarta yang berlokasi di Jl.
W.Monginsidi No. 2A Yogyakarta. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI
Jurusan Permesinan tahun ajaran 2010/2011. Terdiri dari data responden ahli materi
(1 dosen), ahli media (1 dosen), uji coba dalam kelompok eksperimen (31 siswa)
dan kelompok kontrol (30 siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah post-test. Untuk tes post-test dengan jumlah soal 40 butir. Data dianalisis
secara deskriptif kuantitatif dan dikonversikan menjadi data kualitatif untuk
mengetahui kriteria penilaian media dan kelayakan media yang sedang
dikembangkan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) prestasi belajar siswa menjadi lebih
baik bila dibandingkan dengan sebelum menggunakan gambar tempel dengan
bantuan media papan magnet. (2) penggunaan gambar tempel dengan bantuan
media papan magnet berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat
dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai t-hitung sebesar 4,279 dan tingkat
signifikannya 0,000<0,05. (3) ada perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas
yang diberikan perlakuan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan
menggunakan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet. Kelas
eksperimen (kelas yang diberi perlakuan) memiliki prestasi yang lebih baik
dibandingkan dengan kelas kontrol (kelas tanpa perlakuan).
.
Kata kunci : Gambar Tempel Dengan Bantuan Media Papan Magnet,
Pembelajaran Rangkaian Komponen HidrolikBayu Sutanto Deni