Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:54:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-24T07:31:27Z2019-01-30T11:24:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42589This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/425892016-10-24T07:31:27ZANALISIS POSITIONING PRODUK OLAHRAGA MEREK SPECS, NIKE,
ADIDAS DAN LEAGUE DI PEMAIN FUTSAL UNIVERSITAS NEGERI
YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning produk olahraga
merek Nike, Adidas, Specs dan League Pemain Futsal Universitas Negeri
Yogyakarta. Variabel terdiri dari persaingan harga produk, desain produk, kualitas
bahan, kemasan produk, logo merek, kenyamanan produk olahraga
Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan angket/kuesioner.
Uji validasi menggunakan teknik Expert Judgement, uji reliabilitas menggunakan
rumus Alpha Cronbach dengan nilai 0,897. Populasi yang digunakan adalah para
pemain Pemain Futsal Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 50 orang. Data
yang diperoleh kemuadian diolah menggunakan SPSS.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa produk olahraga dari berbagai merek
memiliki posisi tawar yang berbeda di pasaran, tergantung dari persepsi dan
preferensi konsumen (pemain futsal). Nike paling banyak di kategori Tinggi yaitu
48%, 4% kategori Sangat Tinggi, 42% kategori Rendah dan 5% kategori Sangat
Rendah. Adidas paling banyak di kategori Rendah yaitu 54%, 4% kategori Sangat
Tinggi, 34% kategori Tinggi dan 8% kategori Sangat Rendah. Specs paling
banyak pada kategori Rendah yaitu 56%, 6% kategori Sangat Tinggi, 34%
kategori Tinggi dan 4% kategori Sangat Rendah, sedangkan untuk produk League
paling banyak pada kategori Tinggi yaitu 50%, 6% kategori Sangat Tinggi, 36%
kategori Rendah dan 8% kategori Sangat Rendah. Dari hasil penelitian tampak
bahwa posisi dari persepsi peringkat pilihan terhadap keempat produk olahraga
Nike, Adidas, Specs dan League yang diteliti, paling banyak diminati adalah
produk League.Kevin Denada R