Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:03:24ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-11T03:46:59Z2019-01-29T18:22:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9910This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/99102013-02-11T03:46:59ZKEEFEKTIFAN PENERAPAN QUANTUM TEACHING TERHADAP
HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS V
SD N DEMANGAN TAHUN AJARAN 2011/2012Pembelajaran sains di sekolah dasar yang cenderung membosankan
menjadi kendala bagi siswa dan guru untuk mengoptimalkan kegiatan belajar
yang efektif. Keadaan belajar yang rileks dan hati yang senang dapat menjadikan
pembelajaran akan cepat masuk dan melekat pada diri siswa. Hal inilah yang
melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui
keefektifan penerapan Quantum Teaching terhadap hasil belajar sains materi daur
air kelas V SDN Demangan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN
Demangan tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan data dilakukan dengan metode
tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan
statistik deskriptif.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan
strategi Quantum Teaching dengan pemberian LKS pada materi daur air lebih
signifikan dan efektif dibanding pembelajaran dengan cara konvensional (kontrol)
pada siswa kelas V SDN Demangan tahun ajaran 2011/2012, ditunjukkan dengan
hasil uji mean dan rata-rata peningkatan hasil post test terhadap pre test kelompok
eksperimen yaitu 18,68 lebih besar dibanding kelompok kontrol yaitu 3,09.
Kata kunci: Quantum Teaching, hasil belajar sains.Widodo Dedy Atmanto Wahyu