Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:42:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-09-28T00:48:45Z2019-03-11T02:17:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26501This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/265012015-09-28T00:48:45ZPEMAHAMAN GURU TENTANG KRITERIA PENILAIAN
PEMBELAJARAN SEPAKBOLA KELAS V
SD NEGERI SE-KECAMATAN TURI
TAHUN PELAJARAN 2014/2015ABSTRAK
Kondisi prasarana dan fasilitas sepakbola yang kurang memadai serta
perbedaan kriteria penilaian terhadap peserta didik antara guru satu dengan
guru lainnya yang berbeda sekolah menjadi permasalahan yang diangkat
dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tingkat
pemahaman guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
mengenai pelaksanaan penilaian menggunakan indikator-indikator kriteria
penilaian pada pembelajaran sepakbola kelas V.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Subjek
penelitian adalah guru PJOK. Jumlah populasi dalam penelitian ini ada 17
responden. Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan
Turi. Instrumen yang digunakan adalah angket berstruktur dengan bentuk
jawaban tertutup berbentuk pernyataan sebanyak 33 butir. Teknik analisis
data menggunakan deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk persentase.
Validitas angket sebesar 0,822 dan reliabilitasnya 0,952.
Hasil penelitian menunjukkan pemahaman guru PJOK terhadap
kriteria penilaian dalam pembelajaran sepakbola Kelas V yang masuk dalam
kategori “sangat baik” sebesar 11,76 %, kategori “baik” sebesar 47,06 %,
kategori “cukup” sebesar 41,17 %, kategori “kurang” sebesar 0 %, dan
kategori “sangat kurang” sebesar 0 %.Dedik Sugiyanto