Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:31:21ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-25T01:42:11Z2019-01-30T02:31:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25505This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/255052015-08-25T01:42:11ZHUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN FASILITAS
LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN
HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
KELAS IX TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 2
DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN FASILITAS
LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN
HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
KELAS IX TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 2
DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013
Oleh :
Debbie Ahmad Nusyera
08520244032
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan intensitas penggunaan fasilitas
laboratorium komputer dengan hasil belajar TIK siswa kelas XI jurusan teknik komputer
dan jaringan SMKN 2 Depok Sleman TA 2012/2013, (2) hubungan motivasi belajar
terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI jurusan teknik komputer dan jaringan SMKN 2
Depok Sleman TA 2012/2013, (3) hubungan intensitas penggunaan fasilitas laboratorium
komputer dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI
jurusan teknik komputer dan jaringan SMKN 2 Depok Sleman TA 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto yang bersifat deskriptif
korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
XI jurusan teknik komputer dan jaringan SMKN 2 Depok Sleman TA 2012/2013 yang
berjumlah 62 siswa. Metode pengambilan data untuk variabel Intensitas Penggunaan Fasilitas
Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar menggunakan kuesioner model angket tertutup
dengan skala likert, sedangkan untuk variabel Hasil Belajar TIK menggunakan metode
dokumentasi berupa nilai raport mata pelajaran TIK dari semester satu sampai dengan
semester dua. Validitas instrumen penelitian diuji dengan analisis butir yang dihitung dengan
rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha
Cronbach. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis 1 dan 2 adalah korelasi Product
moment, sedangkan hipotesis 3 dengan teknik analisis regresi ganda dua prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif antara Intensitas
Penggunaan Fasilitas Laboratorium Komputer (X1) dengan Hasil Belajar TIK (Y) yang
ditunjukkan dengan harga rx1y 0.515 dan r2x1y 0.265 serta SE sebesar 14.6% dan SR sebesar
44.2%. (2) ada hubungan positif antara Motivasi Belajar (X2) dengan Hasil Belajar TIK (Y)
yang ditunjukkan dengan harga rx2y 0.532 dan r2x2y 0.283 serta SE sebesar 18.3% dan SR
sebesar 55.8%. (3) ada hubungan positif antara Intensitas Penggunaan Fasilitas Laboratorium
Komputer (X1), dan Motivasi Belajar (X2) secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar TIK
(Y) yang ditunjukkan koefisien regresi ganda Ry(1,2) sebesar 0.573 dengan nilai
interpretasi korelasi sedang dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.329 yang berarti
bahwa 32.9 % perubahan variabel Hasil Belajar TIK (Y) dapat diterangkan oleh variabel
Intensitas Penggunaan Fasilitas Laboratorium Komputer (X1) dan Motivasi Belajar (X2).
Kata Kunci : Hasil Belajar TIK, Intensitas Penggunaan Fasilitas Laboratorium Komputer,
Motivasi Belajar.Ahmad Nusyera Debbie