Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:57:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-30T03:25:38Z2019-01-30T00:10:37Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21655This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/216552015-06-30T03:25:38ZPENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS
SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN TEMANGGUNGPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana perencanaan
supervisi akademik oleh pengawas; (2) bagaimana pelaksanaan supervisi
akademik oleh pengawas; dan (3) bagaimana tindak lanjut dari pelaksanaan
supervisi akademik.
Desain penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan menggunakan
teknik analisis tabel frekuensi. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data
penelitian ini menggunakan metode populasi, dimana populasinya adalah 42
pengawas SD se-Kabupaten Temanggung. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi akademik
yang dilakukan oleh pengawas terhadap SD se-Kabupaten Temanggung tergolong
pada tingkatan cukup, pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru
yang menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal
perencanaan supervisi akademik. (2) Pelaksanaan supervisi akademik yang
dilakukan oleh pengawas terhadap SD se-Kabupaten Temanggung tergolong pada
tingkatan cukup. Pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang
menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal
pelaksanan supervisi akademik. (3) Tindak lanjut supervisi akademik yang
dilakukan oleh pengawas terhadap SD se-Kabupaten Temanggung tergolong pada
tingkatan cukup. Pernyataan pengawas tersebut didukung oleh para guru yang
menyatakan bahwa pengawas telah melaksanakan bimbingan dalam hal tindak
lanjut supervisi akademik.Saputra David Ragilapfip@uny.ac.id