Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:11:01ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-18T02:14:33Z2019-01-29T23:44:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20891This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/208912015-06-18T02:14:33ZPELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS VII SMP NEGERI 2 GOMBONGPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara kelas VII SMPN 2 Gombong. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran mencakup tiga komponen utama, yaitu: (1) materi pembelajaran berbicara kelas VII SMPN 2 Gombong, (2) metode pembelajaran berbicara kelas VII SMPN 2 Gombong, dan (3) evaluasi pembelajaran berbicara kelas VII SMPN 2 Gombong.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah aktivitas guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMPN 2 Gombong, dalam pembelajaran berbicara kelas VII SMPN 2 Gombong yang mencakup materi, metode, dan evaluasi. Sumber data tambahan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, dan hasil evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan berpartisipasi, wawancara secara mendalam, dan analisis dokumen. Keabsahan data diuji dengan memperpanjang waktu penelitian, melakukan pengumpulan data secara terus menerus, serta triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskripsi kualitatif, dengan tahapan perbandingan antardata, kategorisasi, penyajian data, dan inferensi.
Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, materi pembelajaran berbicara kelas VII yang terdiri dari tiga KD, KD 10.1 menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai, KD 10.2 bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun, dan KD 14.2 menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial, telah sesuai dengan RPP dan pelaksanaan pembelajarannya. Sumber materi yang digunakan untuk ketiga KD tersebut adalah buku teks Bahasa Indonesia kelas VII karya Nurhadi, dkk.. Adapun sumber lain yang digunakan untuk KD 10.1 yakni artikel-artikel tokoh idola, untuk KD 10.2 yakni buku petunjuk penggunaan telepon, dan untuk KD 14.2 yakni beberapa naskah cerita pendek. Kedua, metode pembelajaran berbicara kelas VII yang digunakan oleh guru berbeda, bergantung pada KDnya. Metode yang digunakan untuk KD 10.1 yaitu kombinasi antara metode tanya jawab, inkuiri, ceramah, pemodelan, penugasan, diskusi, serta demontrasi, sedangkan untuk KD 10.2 yaitu kombinasi antara metode tanya jawab, inkuiri, ceramah, penugasan, diskusi, serta demontrasi, dan untuk KD 14.2 yaitu kombinasi antara metode tanya jawab, inkuiri, ceramah, penugasan, diskusi, serta demontrasi. Ketiga, pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbicara kelas VII untuk KD 10.1, 10.2, dan 14.2 dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Bentuk instrumen yang digunakan untuk KD 10.1 adalah tes unjuk kerja, sedangkan untuk KD 10.2 adalah tes simulasi, dan untuk KD 14.2 adalah tes unjuk kerja prosedur dan produk seperti yang tertulis dalam RPP. Hasil evaluasi untuk semua KD yang diperoleh siswa semuanya mencapai ketuntasan.Daryati