Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:47:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-23T06:07:54Z2019-10-01T12:06:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52377This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/523772017-08-23T06:07:54ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA
Jl. Walter Monginsidi No. 2A, Telp. 0274 - 513503 YogyakartaKegiatan yang dilakukan dalam program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
adalah mengajar mata pelajaran praktik motor otomotif dan teknologi dasar otomotif
selama kurang lebih dua setengah bulan dimulai tanggal 2 Juli 2013 sampai dengan
17 September 2013. Sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, persiapan mengajar
yaitu menyusun perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) dan jobsheet yang digunakan untuk mendukung kelancaran kegiatan
pembelajaran praktik motor otomotif dan teknologi dasar otomotif.
Kompetensi yang dipraktikkan dalam mata pelajaran motor otomotif yaitu
overhoul terhadap suatu sistem pada mesin kendaraan. Sedangkan komptensi dalam
mata pelajaran teknologi dasar otomotif yaitu pengenalan dan penggunaan alat-alat
bengkel. Metode yang digunakan untuk mengajar yaitu ceramah, tanya jawab dan
demonstrasi. Hasil praktik siswa dapat diketahui melalui laporan mingguan yang
dibuat dan dikumpulkan siswa.
Dari pelaksanaan kegiatan PPL, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL,
dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi
di bidang pendidikan; memberikan kesempatan wawasan dan rasa tanggung jawab
sebagai pendidik terhadap pengelolaan proses belajar mengajar di sekolah, untuk
belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses
pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu,
pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di
sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY
dengan sekolah yang terkait.Darmawan Darmawan2015-08-25T01:06:48Z2019-01-30T02:30:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25491This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/254912015-08-25T01:06:48ZIMPLEMENTASI ADOBE DREAMWEAVER UNTUK MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN
SISTEM KOPLING DAN TRANSMISI KELAS XI KENDARAAN RINGAN
SMK NEGERI 3 YOGYAKARTAIMPLEMENTASI ADOBE DREAMWEAVER UNTUK MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN
SISTEM KOPLING DAN TRANSMISI KELAS XI KENDARAAN RINGAN
SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA
Darmawan
10504244003
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar
siswa setelah implementasi Adobe Dreamweaver dan bagaimana tanggapan siswa
terhadap implementasi Adobe Dreamweaver pada mata pelajaran Perbaikan Sistem
Kopling dan Transmisi.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian
siswa kelas XI jurusan teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan Adobe
Dreamweaver. Guru menjelaskan materi dengan bantuan media teks, gambar,
animasi dan video yang ada pada Adobe Dreamweaver. Penelitian ini dilakukan
dalam 3 siklus pada kompetensi perbaikan sistem kopling dan transmisi. Data
penelitian ini meliputi hasil tes kemampuan kognitif dan tanggapan siswa. Teknik
pengumpulan data kemampuan kognitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal
tes obyektif pilihan ganda dan data tanggapan siswa melalui angket kuisioner. Data
dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase.
Peningkatan prestasi belajar siswa setelah implementasi Adobe Dreamweaver
adalah kenaikan pada tiap-tiap siklus. Pada pra tindakan ke siklus I rerata prestasi
belajar siswa 6,09 dengan tingkat kelulusan 21,42%. Dari siklus I ke siklus II rerata
prestasi belajar siswa sebesar 7,20 dengan tingkat kelulusan 67,86%. Kemudian pada
siklus II ke siklus III rerata prestasi belajar siswa sebesar 7,25 dengan tingkat
kelulusan 71,42%. Pada siklus III rerata prestasi belajar siswa sebesar 7,5 dengan
tingkat kelulusan 96,15%. Dengan demikian rerata prestasi belajar siswa pada siklus
I meningkat 1,11 poin dibandingkan dengan pra tindakan, rerata prestasi belajar
siswa pada siklus II meningkat 0,05 poin dibandingkan dengan siklus I, sedangkan
rerata prestasi belajar siswa pada siklus III meningkat 0,25 dibandingkan dengan
siklus II. Tingkat kelulusan pada siklus I meningkat 46,44% dibandingkan pra
tindakan, pada siklus II meningkat 3,56% dibandingkan siklus I, sedangkan pada
siklus III meningkat 24,73%. Tanggapan siswa mengenai Adobe Dreamweaver
adalah 100% menyenangkan dan dapat membantu memahami materi pelajaran, akan
tetapi 77% masih membutuhkan penjelasan dari guru.
Kata Kunci: Adobe Dreamweaver, prestasi belajar, sistem Kopling dan TransmisiDarmawan Darmawan2015-08-19T02:42:45Z2019-01-30T01:59:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25160This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/251602015-08-19T02:42:45ZIMPLEMENTASI ADOBE DREAMWEAVER UNTUK MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN
SISTEM KOPLING DAN TRANSMISI KELAS XI KENDARAAN RINGAN
SMK NEGERI 3 YOGYAKARTAIMPLEMENTASI ADOBE DREAMWEAVER UNTUK MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN
SISTEM KOPLING DAN TRANSMISI KELAS XI KENDARAAN RINGAN
SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA
Darmawan
10504244003
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar
siswa setelah implementasi Adobe Dreamweaver dan bagaimana tanggapan siswa
terhadap implementasi Adobe Dreamweaver pada mata pelajaran Perbaikan Sistem
Kopling dan Transmisi.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian
siswa kelas XI jurusan teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan Adobe
Dreamweaver. Guru menjelaskan materi dengan bantuan media teks, gambar,
animasi dan video yang ada pada Adobe Dreamweaver. Penelitian ini dilakukan
dalam 3 siklus pada kompetensi perbaikan sistem kopling dan transmisi. Data
penelitian ini meliputi hasil tes kemampuan kognitif dan tanggapan siswa. Teknik
pengumpulan data kemampuan kognitif siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal
tes obyektif pilihan ganda dan data tanggapan siswa melalui angket kuisioner. Data
dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase.
Peningkatan prestasi belajar siswa setelah implementasi Adobe Dreamweaver
adalah kenaikan pada tiap-tiap siklus. Pada pra tindakan ke siklus I rerata prestasi
belajar siswa 6,09 dengan tingkat kelulusan 21,42%. Dari siklus I ke siklus II rerata
prestasi belajar siswa sebesar 7,20 dengan tingkat kelulusan 67,86%. Kemudian pada
siklus II ke siklus III rerata prestasi belajar siswa sebesar 7,25 dengan tingkat
kelulusan 71,42%. Pada siklus III rerata prestasi belajar siswa sebesar 7,5 dengan
tingkat kelulusan 96,15%. Dengan demikian rerata prestasi belajar siswa pada siklus
I meningkat 1,11 poin dibandingkan dengan pra tindakan, rerata prestasi belajar
siswa pada siklus II meningkat 0,05 poin dibandingkan dengan siklus I, sedangkan
rerata prestasi belajar siswa pada siklus III meningkat 0,25 dibandingkan dengan
siklus II. Tingkat kelulusan pada siklus I meningkat 46,44% dibandingkan pra
tindakan, pada siklus II meningkat 3,56% dibandingkan siklus I, sedangkan pada
siklus III meningkat 24,73%. Tanggapan siswa mengenai Adobe Dreamweaver
adalah 100% menyenangkan dan dapat membantu memahami materi pelajaran, akan
tetapi 77% masih membutuhkan penjelasan dari guru.
Kata Kunci: Adobe Dreamweaver, prestasi belajar, sistem Kopling dan TransmisiDarmawan Darmawan2012-07-02T05:55:32Z2012-07-02T05:55:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1335This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13352012-07-02T05:55:32ZOn The Teaching Of Analyzing The Effects Of Parameter Changes
On The Graph Of Function
The proficiency level of some tenth and eleventh graders on analyzing the effects of parameter changes on the graph of function is observed in this project. The result shows the level is low. It seems that those students did not sufficiently work on math problems involving deep reasoning. The students used to solve math problems by plugging in formulas only. In this project, the causes are found and reported. At the end part, an alternative teaching approach is proposed.
Key Words: parameter, graph of function, alternative teaching
Darmawan DarmawanPranoto Iwan 2012-07-02T05:54:58Z2012-07-02T05:54:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1014This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10142012-07-02T05:54:58ZOn The Teaching Of Analyzing The Effects Of Parameter Changes
On The Graph Of Function
The proficiency level of some tenth and eleventh graders on analyzing the effects of parameter changes on the graph of function is observed in this project. The result shows the level is low. It seems that those students did not sufficiently work on math problems involving deep reasoning. The students used to solve math problems by plugging in formulas only. In this project, the causes are found and reported. At the end part, an alternative teaching approach is proposed.
Key Words: parameter, graph of function, alternative teaching.
Darmawan DarmawanPranoto Iwan