Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:22:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-11-05T01:37:20Z2012-11-05T01:37:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7201This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72012012-11-05T01:37:20ZPENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIKPembelajaran matematika di SMP sampai saat ini masih dengan gaya konvensional,
umumnya siswa masih kurang diberi kesempat untuk aktif membangun pengetahuannya.
Hal ini berakibat pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah
satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa adalah melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik
(PMR). PMR berpandangan bahwa belajar matematika harus mengarahkan siswa kepada
penggunaan berbagai situasi (konteks), yang dirasakan bermakna sehingga menjadi sumber
belajar. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran matematika
yang menggunakan PMR dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang menggunakan desain eksperimen
kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP di
Kota Bekasi, sedangkan sampel diambil dari dua sekolah level sedang, yang masing-masing
sekolah diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen diberi
perlakuan pembelajaran dengan PMR sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan,
pembelajarannya dengan PMB. Instrumen yang digunakan adalah: (1) tes kemampuan
pemecahan masalah matematis; (2) lembar observasi; (3) angket respon siswa; dan (4)
lembar pedoman wawancara. Untuk keperluan pengujian hipotesis, data dianalisis dengan
uji-t, uji ANOVA, dan dilengkapi dengan analisis deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan
hasil analisis data diperoleh kesimpulan: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
yang pembelajaran menggunakan PMR lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya
menggunakan PMB, untuk seluruh siswa maupun berdasarkan kelompok kemampun
matematis siswa (tinggi, sedang, rendah). Ada pengaruh secara bersama yang signifikan
antara pembelajaran PMR dan PMB dengan kelompok kemampuan matematis siswa
(tinggi, sedang, rendah) dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya
menggunakan PMR, pada siswa kemampuan tinggi lebih baik daripada siswa kemampuan
sedang dan rendah. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan PMR,
sangat aktif. Respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan PMR, positif.
Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, pendekatan pendidikan
matematika realistik.Syaiful Syaifulpak_bakri@yahoo.comKusumah Yaya S.Sabandar YozuaDarhim Darhim