Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:07:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-10T03:27:18Z2019-01-30T07:47:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32376This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/323762016-05-10T03:27:18ZKEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI SEMBUNG KECAMATAN WEDI
KABUPATEN KLATENKeterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD
Negeri Sembung itulah merupakan salah satu penyebab penghambat dari
pelaksanaan program yang ada di dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani,
sehingga dapat menghambat peningkatan kemampuan motorik anak, dikarenakan
pendidikan jasmani berhubungan dengan kemampuan motorik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan motorik siswa kelas IV
dan V di SD Negeri Sembung, kecamatan Wedi, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan
metode survei dengan instrumen berupa tes pengukuran. Instrumen yang
digunakan adalah motor ability test dari Nurhasan, (2004:6.6) yang item tesnya
terdiri dari: lari cepat 30 m, lari shuttle-run 4 x 10 meter, stork stand positional
balance, lempar tagkap bola jarak 1 meter dengan tembok. Subjek penelitian yang
digunakan adalah siswa kelas IV dan V di SD Negeri Sembung, kecamatan Wedi,
kabupaten Klaten yang berjumlah 67 anak. Teknik analisis data menggunakan
deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan motorik siswa Kelas IV
dan V SD Negeri Sembung Wedi Klaten sebagian besar berkategori sedang,
secara rinci sebagai berikut: Tingkat kemampuan motorik siswa kelas IV dan V
SD N Sembung Wedi Klaten, yang masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar
7,46%, kategori tinggi sebesar 22,38%, kategori sedang sebesar 35,82%, kategori
rendah sebesar 25,37%, dan kategori sangat rendah sebesar 8,95%.Danang Susilo