Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:15:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-13T05:54:19Z2019-10-01T11:34:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49743This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/497432017-06-13T05:54:19ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
DI SMA NEGERI 1 PIYUNGANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang
wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar
Sarjana Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari kegiatan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sebagai wahana pengalaman mengajar yang
sebenarnya/ real teaching untuk calon guru atau tenaga kependidikan yang professional
dan cakap di bidangnya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di
SMA Negeri 1 Piyungan, yang berlokasi di dusun Karanggayam desa Sitimulyo
kecamatan Piyungan ini dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 dan diakhiri pada tanggal
15 September 2016.
Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Sosiologi kelas X B, X
C, dan X IPS 1 dan sebagian kelas yang dititipkan tahun pelajaran 2016/2017.
Sementara kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa praktikan mampu
mengenal kehidupan dan kegiatan yang ada di sekolahan, mulai dari manajemen
sekolah, kehidupan guru di sekolah, dan kultur sekolah.
Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 14 kali pertemuan dan 2
ulangan harian, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMA N 1 Piyungan rata-rata
mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai hal yang mendukung dalam
pembelajaran, terutama ketika menggunakan media pembelajaran baik itu berupa video
maupun ecomedia. Siswa mampu berperan aktif dalam setiap pembelajaran, seperti
mampu mengutarakan pendapatnya sendiri terkait dengan pembelajaran, bisa
berdiskusi dengan baik, dan lain sebagainya. Dalam rangka mewujudkan output yang
baik dari segi IQ, EQ, dan SQ, pihak sekolah menjalankan peranannya sebagai lembaga
pendidikan secara profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin
hubungan antar personal, saling menghargai, melengkapi sarana dan prasarana dan
tertib administrasi.Danang Pradana Danang Pradana