Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:07:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-23T04:46:30Z2019-10-01T11:59:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40466This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/404662016-08-23T04:46:30ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTULPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang
dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa bisa
mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah, untuk
diterapkan dalam kehidupan nyata khususnya di lembaga pendidikan formal, lembaga
pendidikan non formal. Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa mencangkup
kompetensi sosial, pedagogik, profesional dan kepribadian.
Secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu: tahap persiapan,
pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi
tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PPL
dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai 1 Oktober 2014. Pelaksanaan program diisi
dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi (perhitungan minggu
efektif,membuat daftar hadir, membuat RPP, membuat materi ajar dan membuat media
pembelajaran), praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar, kelas yang
diampu adalah kelas X TAV 1 dan X TAV 2 dengan total jam pertemuan dikelas adalah
54 jam. Evaluasi meliputi pembuatan tugas untuk siswa. Secara keseluruhan Program
PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pada realisasinya kegiatan berjalan
sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada
saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung.
Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk
meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk
melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian,
praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan
belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan output yang
andal.Danang Nur Cahyo Danang Nur Cahyo