Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:45:38ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-09T02:52:35Z2019-10-01T11:47:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34207This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/342072016-06-09T02:52:35ZLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP NEGERI 1 WATES
JalanTerbah No. 6 Wates
Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta Telp.(0274) 773025
10 Agustus – 12 September 2015Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMP N 1 Wates, berlokasi
diJalan Terbah No. 6 Wates Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta bertujuan untuk meningkatkan
potensi, bakat dan minat peserta didik guna menunjang proses belajar mengajar, membantu
meningkatkan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar. Mahasiswa
mulai aktif penuh di sekolah sebagai tanda pelaksanaan PPL, terhitung dari tanggal 10 Agustus-
12 September 2015. Pelaksanaan PPLdiawali dengan kegiatan observasi sekolah, perencanaan
program, konsultasi program ke pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL PPL),
serta kegiatan terakhir adalah penetapan program.
Pada kegiatan PPL di SMP N 1 Wates ini, mahasiswa mengajar di kelas yaitu kelas VIII
A, B, C, D, E, dan Funtuk materi unggah-ungguh, cerkak, dan aksara jawa. Untuk kelas tersebut
mahasiswa mendapat kesempatan mengajar selama 12 jam pelajaran setiap pekan. Selain praktik
mengajar, mahasiswa juga belajar membuat perangkat pembelajaran yang memberikan banyak
pengalaman dan manfaat sebagai calon guru Bahasa Jawa.
Selama pelaksanaan program PPL ini dapat disimpulkan bahwa target penggunaan RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) selama PPL telah tercapaiyaitu telah menggunakan 6 RPP
dan materi yang harus disampaikan telah mencapai target Kompetensi Dasar (KD) yang telah
ditentukan. Namun begitu dalam pelaksanaannya tentu saja ada beberapa hambatan-hambatan
yang ditemui sepanjang melaksanakan kegiatan PPL. Oleh karena itu, diperlukan komunikasi,
dedikasi, dan loyalitas dalam pelaksanaan pengajaran sehingga guru dan peserta didik dapat
terjadi proses transfer pengetahuan yang optimal. Dengan demikianDanang Ari Andarusito Danang Ari Andarusito