Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:57:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-14T08:50:05Z2019-01-30T01:55:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25060This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/250602015-08-14T08:50:05ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR
MATA PELAJARAN MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN
BUBUT KELAS XI TP4 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL MELALUI
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT
TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR
MATA PELAJARAN MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN MESIN
BUBUT KELAS XI TP4 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL MELALUI
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT
TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
Oleh
Danang Yuli Ariyanto
NIM 10503244001
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui cara meningkatan aktivitas
belajar setelah diterapkannya metode pembelajaran STAD pada mata pelajaran
melakukan pekerjaan dengan mesin bubut kelas XI TP4 di SMK Muhammadiyah
1 Bantul. 2) Mengetahui cara meningkatan prestasi belajar setelah diterapkannya
metode pembelajaran STAD pada mata pelajaran melakukan pekerjaan dengan
mesin bubut kelas XI TP4 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan selama dua siklus. Satu siklus terdiri atas empat fase yang meliputi
fase perencanaan, fase pelaksanaan, fase observasi dan fase refleksi. Data
dikumpulkan dengan metode observasi dan tes. Lembar observasi digunakan
untuk mengetahui persentase keaktifan belajar siswa. Kemudian soal tes
digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Analisis data
yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan persentase yang
dilakukan dengan mendeskripsikan data dari hasil tes dan observasi.
Dari hasil penelitian dengan menerapkan metode pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada kelas XI TP 4 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada
mata pelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin bubut dapat meningkatkan
aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Cara yang digunakan untuk
meningkatkan aktivitas belajar adalah dengan memotivasi siswa untuk berperan
aktif dalam pembelajaran. Guru mencoba memberikan hadiah kepada kelompok
paling aktif dan kelompok terbaik. Sehingga siswa terpacu atau terdorong untuk
menjadi yang terbaik. Dari data siklus 1 dan siklus 2 di dapat rata-rata
peningkatan keaktifan dari keseluruhan aspek yaitu 44,44%. Kemudian untuk
prestasi belajar nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 13,94%.
Persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan sebesar 34,10%.
Cara yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan
memberikan soal kuis dan soal diskusi. Cara ini dapat dikatakan efektif karena
siswa akan merasakan proses belajar apabila siswa bekerja dan disertai dengan
mengerjakan. Selain itu juga menekankan akan belajar sebagai proses bukan
hanya hasilnya saja. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran melakukan pekerjaan dengan mesin
bubut dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi
belajar siswa.
Kata kunci : Aktivitas dan Prestasi Belajar, metode pembelajaran kooperatif tipe
STAD (Student Teams Achievement Division)Yuli Ariyanto Danang