Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:09:05ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-11-27T03:59:33Z2019-01-29T17:10:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7688This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76882012-11-27T03:59:33ZPENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V
SE-KECAMATAN KEBASENPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh
bimbingan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD se-
Kecamatan Kebasen.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-postfacto.
Sementara pelaksanaan penelitiannya menggunakan penelitian sampling. Populasi
penelitian ini adalah 1013 siswa. Cara pengambilan ukuran sampel menggunakan
rumus Slovin dengan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh 287 anggota
sampel. Teknik pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak (Simple
Random Sampling). Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan uji
validitas dan reliabilitas instrumen. Kedua instrumen masing-masing diuji
menggunakan validitas isi dan empirik. Validitas instrumen bimbingan belajar
dihitung menggunakan product moment, sedangkan instrumen tes prestasi belajar
matematika dihitung menggunakan point biserial. Reliabilitas instrumen
bimbingan belajar dihitung dengan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh indeks
reliabilitas sebesar 0,89951, sedangkan reliabilitas instrumen tes prestasi belajar
matematika dihitung menggunakan rumus KR21 dan diperoleh indeks reliabilitas
sebesar 0,84789. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi
sederhana dengan uji prasyarat normalitas, linieritas, nonkolinieritas, dilanjutkan
dengan menghitung koefisien determinasi (r2). Uji normalitas dihitung
menggunakan Chi Kuadrat ( χ2 ), uji liniertias dihitung dengan Uji F, uji
nonkolinieritas dihitung menggunakan rumus product moment dan koefisien
determinasi dihitung dengan mengkuadratkan indeks koefisien product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan belajar berpengaruh
signifikan terhadap prestasi belajar matematika sebesar 55%. Hal ini ditunjukkan
dari perhitungan Analisis Regresi yang memperoleh Fhitug = 5,49 > Ftabel = 3,89.SARASWENI DESTI KURNIA