Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:14:30ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-15T06:46:41Z2019-10-01T11:34:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49877This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/498772017-06-15T06:46:41ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTAPPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri
Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan
adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang
telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru
yang sebenarnya di dalam kelas maupun di bengkel. Adapun kelas yang harus diajar
adalah semua kelas X mekanik otomotif. Mahasiswa berkoordinasi dengan
penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan atau pengarahan serta
bekal sehingga mahasiswa tidak kebingungan dalam melaksanakan program PPL.
Selain itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus
administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan
diampu. Kemudian mahasiswa langsung mengajar di kelas, mahasiswa harus
menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk
jalannya PPL.
Hal-hal yang perlu disusun merupakan dokumen-dokumen penting yang dapat
menunjang proses pembelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran yang
dilaksanakan di sekolah. Beberapa hal tersebut meliputi; RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran), RPP ini sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses
pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan
penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target
yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk
dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan RPP tidak memiliki konten.
Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta
materi yang akan disampaikan. Job sheet digunakan untuk pembelajaran praktik di
bengkel. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan
atmosfir kelas yang berbeda pula, maka media dan alat pembelajarannya juga bisa
jadi berbeda.
Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa tidak hanya mengampu
satu kelas. Penulis sendiri mengampu empat kelas untuk mata pelajaran Dasar-dasar
otomotif yang meliputi kelas X.MA, X.MB, X.MC dan X.MD. Di kelas X.MA
mengajar setiap hari Senin, di kelas X.MB mengajar setiap hari Selasa, di kelas
X.MC mengajar setiap hari Rabu, dan di kelas X.MD mengajar setiap hari Kamis.
Dan masing-masing kelas mendapat 5 jam pelajaran dalam satu minggu. Selain itu,
mahasiswa juga mengajar secara team teaching dengan mahasiswa PPL lain dalam
mata pelajaran lain. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan
lebih menguatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa.DEDI TRI NUGROHO DEDI TRI NUGROHO