Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:09:33ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-17T00:16:49Z2019-10-01T11:34:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45936This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/459362017-01-17T00:16:49ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI 1 SEYEGAN
Disusun Sebagai Pertanggungjawaban Pelaksanaan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Tahun Akademik 2016/2017Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus
tahun 2016 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Seyegan telah dilaksanakan oleh mahasiswa
pada tanggal 18 Juli - 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 16
mahasiswa dari 8 program studi, yaitu Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Ekonomi,
Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan
Biologi, Pendidikan Seni Tari, dan Bimbingan Konseling. Tujuan Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses
pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk
mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan,
sikap dan ketrampilan. Serta sebagai sarana untuk mengimplementasikan berbagai teori yang
telah diperoleh ketika menempuh bangku perkuliah. Kegiatan yang telah dilaksanakan
meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, penyusunan daftar
nilai serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah.
Praktek mengajar dimulai dari tanggal 25 Juli 2016 sampai dengan 03 September
2016, dilakukan sebanyak 15 kali pertemuan di kelas X MIIA 1 dan XI IIS 1 serta kelas XI
IIS 3/KKO menggantikan bapak Drs. Miskun yang sedang berhalangan mengajar. Pokok
bahasan yang diajarkan untuk kelas X yaitu Peran dan Fungsi Sosiologi dalam Mengkaji
Gejala Sosial di Masyarakat meliputi pengertian sosiologi, hakikat sosiologi, ciri-ciri
sosiologi, objek sosiologi, cabang sosiologi, metode sosiologi, sosiologi sebagai ilmu, dan
hubungan sosiologi dengan ilmu lain. Sedangkan untuk kelas XI yaitu materi kelompok
sosial, meliputi pengertian kelompok sosial, dasar dan proses terbentuknya kelompok sosial,
klasifikasi kelompok sosial meliputi kelompok sosial tidak teratur dan kelompok sosial
teratur, serta masyarakat pedesaan (rural community) dan masyarakat perkotaan (urban
community).
Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya
bimbingan dan arahan dari guru pembimbing yakni Bapak Miskun yang senantiasa
membimbing kami mahasiswa praktikan dengan sabar dan penuh perhatian tak lupa pula
dosen pembimbing kami Bapak Grendi Hendrastomo yang selalu mengunjungi dan
memantau perkembangan kami selama praktek mengajar, serta peran aktif peserta didik
selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program
PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan
keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang
dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL
yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung
seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa dan mengkondisikan
kelas terutama saat menerangkan materi karena sebagian siswa yang tidak memperhatikan.
Menjadi bahan evaluasi bagi praktikan untuk dapat lebih menarik perhatian siswa ketika
menjelaskan materi. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan
ketidakjelasan siswa terhadap materi, masih banyak siswa yang meminta untuk menjelaskan
materi dari awal. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan
kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang
harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.DANIS MARSELINDA DANIS MARSELINDA