Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:23:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-06T00:19:42Z2019-01-29T03:03:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18094This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/180942015-05-06T00:19:42ZMEMBANGUN KOMUNIKASI INTERPERSONAL BAGI SEKRETARISABSTRAK
MEMBANGUN KOMUNIKASI INTERPERSONAL
BAGI SEKRETARIS
Oleh :
Daisy Astuti
10411131007
Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Seberapa
pentingnya komunikasi interpersonal bagi sekretaris, (2) proses terjadinya
komunikasi interpersonal, (3) pentingnya etika komunikasi interpersonal, (4) cara
menciptakan komunikasi interpersonal yang efektif, (5) faktor penghambat dan
pendukung dalam komunikasi interpersonal.
Pembahasan permasalahan pada Tugas Akhir ini dilakukan dengan metode
kualitatif, yaitu pendekatan pemecahan masalah dengan berdasarkan uraian yang
tidak berwujud angka. Penulis membahas permasalahan yang akan dikaji dengan
menggunakan data secara alamiah menggunakan studi pustaka yang bersifat
deskriptif. Studi pustaka dilakukan dengan cara membaca buku yang berhubungan
dengan permasalahan yang dibahas.
Hasil pembahasan menjelaskan bahwa : (1) komunikasi interpersonal
penting bagi sekretaris: memudahkan sosialisasi diri, memudahkan koordinasi
pekerjaan, memudahkan dalam mengamati karakter lawan bicara, menciptakan
hubungan yang akrab, menciptakan keterbukaan komunikasi, menciptakan
empati, memunculkan citra positif (2) proses komunikasi dimulai dari peran
sekretaris dalam menciptakan pesan kemudian dikirimkan kepada komunikan
yang nantinya akan menberikan tanggapan atau umpan balik terhadap isi pesan,
(3) komunikasi dapat berjalan efektif antara sekretaris dengan pimpinan,
bawahan, klien, dan orang lain apabila dalam penyampaiannya, sekretaris telah
menyiapkan ide-ide yang akan disampaikan, memahami isi pesan yang akan
disampaikan, pesan disampaikan dengan bahasa yang sopan dan jelas, bersifat
mendukung lawan bicara, bersedia menerima umpan balik yang positif maupun
negatif, (5) faktor penghambat komunikasi interpersonal antara lain rendahnya
kepercayaan terhadap kredibilitas sekretaris, kurang memahami lawan bicara,
prasangka negatif, perbedaan bahasa, komunikasi satu arah, lingkungan,
penyaringan pesan kurang tepat, perbedaan spesialisasi pekerjaan. Sedangkan
faktor pendukung komunikasi interpersonal antara lain, kredibilitas sekretaris,
kecakapan sekretaris, pengetahuan sekretaris, daya tarik sekretaris, keramahan
sekretaris, keakraban sekretaris, kemampuanDAISY ASTUTI DAISY ASTUTI