Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:10:17ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-23T01:23:27Z2019-10-01T12:06:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52364This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/523642017-08-23T01:23:27ZLAPORAN IITI}IVIDU
PRAKTIK PB NGALAMAIT{ TAPANGAN
(PPL)
SMA TARAKAT{ITA MAGETAI!{GKegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakaa mata kuliah
lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan. Kegiatan
PPL di SMA Tarakadta Magelang ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai
dengan 16 September 2013. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah memberikan
pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran di sekolah dalam
rangka melatih dan mengembangkan kompetensi. Mahasiswa diharapkan mampu
mengembangkan potensi keguruan dan kependidikan seperti kompetensi pedagogik,
kompetensi sosial, dsb.
Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu perFdma
observasi ke sekolah dengan melihat secara langsung proses belajar mengajar yang
dilakukan oleh guru mata pelajaran sesuai disiplin ilmunya masing-masing.
Kemudian dilaksanakan PPL I yaitu kegiatan mengajar di kampus bersama dosen
pembimbing dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar di
sekolah dengan melakukan praktik pengajaran miko. Setelah dilakukan persiapan
dilakukan praktik mengajar di sekolah mulai tanggal 29 Juli sampai dengan 16
September 2013. Kegiatan mengajar dilatukan di kelas )/'l, X2, daa X3 sesuai
kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Dalam praktik mengajar ini
dilakukan berbagai persiapan mulai dari tahap persiapan seperti pembuatan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran, pembuatan Media pembelajaran dan Evaluasi.
Hasil kegiatan PPL memberikan cukup pengalaman bagi praktikan untuk
mengajar Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal kepada praktikan
mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada
instansi. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat
berlangsung secara optimal.Cornelius Bayu Astana Cornelius Bayu Astana