Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:45:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2020-03-16T03:22:12Z2021-05-28T06:01:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67871This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/678712020-03-16T03:22:12ZManajemen Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen uji kompetensi keahlian (UKK) di SMKN 2 Kasihan Bantul, Yogyakarta. SMKN 2 Kasihan menggunakan pedoman pelaksanaan UKK yang diterbitkan oleh Direktorat Pembina SMK (2018/2019) sebagai panduan dalam melaksanakan UKK.
Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMKN 2 Kasihan Bantul Yogyakarta, selama bulan Januari- Maret 2019. Sumber data dalam penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, penguji, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan guideline wawancara, lembar observasi, dan studi dokumen, serta keabasahan data yang menggunakan triangulasi sumber data. Data dianalisis dengan enam langkah menurut Creswell.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan UKK yang meliputi 2 hal, yaitu perencanaan tim pelaksana UKK dan perencanaan siswa. (2) Pengorganisasian pelaksanaan UKK yang disesuaikan dengan surat tugas mengenai jobdesk tim pelaksana UKK dan guru pembimbing/penguji internal, serta mengorganisir kesiapan siswa. (3) Pelaksanaan UKK yang memiliki berbagai rangkaian penilaian, meliputi penyusuna proposal, penilaian etude, proses penilaian I, proses penilaian II (geladi kotor), proses penilaian III (geladi bersih), UKK reguler, dan UKK kemitraan. (4) Pengawasan UKK yang meliputi perbaikan nilai, rapat evaluasi tim pelaksana UKK, dan pengesahan sertifikat UKK.Fairuz ChrisvianovaHaryanto Haryanto2017-01-04T02:59:11Z2019-01-30T12:34:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45424This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/454242017-01-04T02:59:11ZUPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL DAN EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN ANSAMBEL PERKUSI PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN PUTRA MADANI PURWOKERTO BARATPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan kemampuan sosial dan emosional anak melalui permainan ansambel perkusi pada anak usia dini. Digunakannya ansambel perkusi karena kegiatan tersebut berupa permainan musik yang menarik. Anak-anak dapat bermain ansambel dan mengenal ritme sederhana dengan menggunkan alat-alat musik perkusi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilakukan dalam 2 siklus yang pada 1 siklusnya terdapat 3 kali tatap muka. Metode dalam penelitian ini yaitu, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di kelas Apel Kelompok Bermain Putra Madani Purwokerto Barat dengan jumlah 14 anak. Data dianalisisis menggunakan deskriptif kualitatif yaitu dengan melihat peningkatan anak yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pada kemampuan sosial dan emosional anak melalui kegiatan permainan ansambel perkusi di kelas Apel Kelompok Bermain Putra Madani. Pada siklus I hasil observasi menunjukan presentase dengan rata-rata 36%, 43% dan 43% pada masing-masing kompetensi pengembangan sosial dan emosional. Pada siklus I indikator keberhasilan belum tercapai, maka dilakukan siklus II. Hasil pada siklus II presentase yang didapat adalah 79%, 86% dan 86% pada masing-masing kompetensinya dan telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Hal ini menunjukan bahwa dengan permainan ansambel perkusi kemampuan sosial dan emosional anak dapat meningkat. Selain itu, permainan ansambel perkusi juga telah memberikan pengalaman yang baru untuk kanak-anak.Fairuz Chrisvianova