Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:53:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-03T03:27:11Z2019-10-01T11:58:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38417This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/384172016-08-03T03:27:11ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 1 JULI 2014 – 17 SEPTEMBER 2014
LOKASI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KULON PROGO UNIT II
Jalan Terbahsari, Wates, Kulon ProgoPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sarana mahasiswa khususnya
bidang pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta dalam mengasah kemampuan
sekaligus menerapkan ilmu yang selama ini didapat di kampus ke lembaga atau
instansi. Dengan bekal yang sudah didapatkan di perkuliahan mahasiswa diajarkan
untuk merasakan bagaimana suasana kerja secara nyata di lembaga berdasarkan latar
belakang keilmuannya, kegiatan PPL ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa
menjadi pribadi yang handal dan professional. Pada kegiatan PPL ini mahasiswa
membuat program berjudul “Rekapitulasi Data Pendidik Per Mata Pelajaran SMP
Kabupaten Kulon Progo” sebagai ganti dari program sebelumnya berjudul
“Rekapitulasi Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Se-Kabupaten
Kulonprogo Memanfaatkan Ms. Excel” yang terkendala dalam pelaksanaannya.
Tujuan dari program ini adalah mendata jumlah pendidik yang didasarkan dengan
mata pelajaran yang diampu dan memudahkan pencarian data umum pendidik.
Dalam pelaksanaan program, dibagi menjadi tiga tahapan yang meliputi tahap
persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis hasil. Pada seksi diktendik ini sedang
disibukkan dengan mutasi guru dan kekurangan jam para guru, sehingga dengan
rekapitulasi mata pelajaran per mapel ini dapat memudahkan dalam hal pemetaan
guru berdasarkan pelajaran yang diampu.
Hasil dari program PPL ini adalah database mengenai data guru menurut mata
pelajaran SMP di Kabupaten Kulon Progo yang disajikan dalam bentuk microsoft
excel. Selain itu hasil program ini dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan
untuk mengatur mutasi dan pengaturan jam mengajar pendidik khususnya pada
jenjang SMP.Christian Hosky Marak Christian Hosky Marak