Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:54:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-11-17T08:05:14Z2019-01-30T05:25:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28221This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/282212015-11-17T08:05:14ZEFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA
DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas pemanfaatan
laboratorium IPA di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman, yang meliputi aspek
efektivitas pemanfaatan fungsi laboratorium IPA dan efektivitas pemanfaatan alat
laboratorium IPA di SMA Negeri Sekabupaten Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan
melibatkan responden siswa berjumlah 302 sebagai sampel dari populasi 1418
siswa dan responden guru IPA berjumlah 92 orang(populasi). Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan studi dokumen. Analisis
data menggunakan teknik persentase dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pemanfaatan fungsi laboratorium
IPA masuk kategori efektif (80,3%), yang terdiri dari aspek-aspek sebagai berikut:
(1) memperkuat pemahaman siswa masuk kategori efektif (82,9%), (2)
menumbuhkan sikap ilmiah siswa masuk kategori efektif (76,1%), (3) melatih
keterampilan siswa masuk kategori efektif (84,0%). Selanjutnya efektivitas
pemanfaatan alat laboratorium IPA masuk kategori efektif (77,9%), terdiri dari
rasional pemanfaatan alat praktikum masuk kategori efektif (77,3%), dan
pelaksanaan prosedur penggunaan alat praktikum masuk kategori efektif (78,0%).Mahfudiani Chrisma Fauzul-2015-11-16T02:59:26Z2019-01-30T05:26:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28227This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/282272015-11-16T02:59:26ZEFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM IPA
DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas pemanfaatan
laboratorium IPA di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman, yang meliputi aspek
efektivitas pemanfaatan fungsi laboratorium IPA dan efektivitas pemanfaatan alat
laboratorium IPA di SMA Negeri Sekabupaten Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan
melibatkan responden siswa berjumlah 302 sebagai sampel dari populasi 1418
siswa dan responden guru IPA berjumlah 92 orang(populasi). Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan studi dokumen. Analisis
data menggunakan teknik persentase dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pemanfaatan fungsi laboratorium
IPA masuk kategori efektif (80,3%), yang terdiri dari aspek-aspek sebagai berikut:
(1) memperkuat pemahaman siswa masuk kategori efektif (82,9%), (2)
menumbuhkan sikap ilmiah siswa masuk kategori efektif (76,1%), (3) melatih
keterampilan siswa masuk kategori efektif (84,0%). Selanjutnya efektivitas
pemanfaatan alat laboratorium IPA masuk kategori efektif (77,9%), terdiri dari
rasional pemanfaatan alat praktikum masuk kategori efektif (77,3%), dan
pelaksanaan prosedur penggunaan alat praktikum masuk kategori efektif (78,0%).Mahfudiani Chrisma Fauzul-