Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:05:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-22T06:26:40Z2019-10-01T11:58:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37151This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/371512016-07-22T06:26:40ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
SD NEGERI 1 KARANGSARI
JL. TENTARA PELAJAR NO. 09 KOPAT KARANGSARI PENGASIH
KULON PROGO 55652
02 JULI - 17 SEPTEMBER 2014Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah Intrakurikuler yang
bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalam belajar sebelumnya kedalam
program pelatihan untuk menyiapkan Mahasiswa agar menguasai kemampuan
keguruan sebagai prasyarat pembentukan Profesinya, sehingga dapat mengemban
tugas dan tanggung jawab sebagai calon Guru Penjas di Sekolah Dasar yang
profesional. Tujuan dari Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) adalah
mengembangkan Kompetensi mengajar Mahasiswa sebagai calon Guru atau Tenaga
Kependidikan. Sebelum diterjunkan ke PPL terlebih dahulu melakukan observasi
untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Dari hasil
observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang
sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum terberdayakan.
Berdasarkan kondisi yang ada, maka mahasiswa PPL merencanakan beberapa
program yang dilaksanakan selama PPL. Program PPL ini antara lain: praktek
mengajar, pembuatan media dan pengembangan metode pembelajaran, dan
penyusunan satuan perangkat pembelajaran. Hal tersebut dilakukan guna mendukung
terlaksananya praktek pengalaman lapangan berupa kegiatan pembelajaran dengan
optimal, baik secara landasan konseptual, prosedural dan operasional yang sudah
ditentukan.Catur Raharjo Catur Raharjo