Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:57:48ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-06T04:11:23Z2019-10-01T11:46:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33915This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/339152016-06-06T04:11:23ZLAPORAN KEGIATAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI 7 PURWOREJOKegiatan praktikum pengalaman lapangan (PPL) merupakan sebuah kegiatan
yang dilaksanakan untuk mengasah kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan
mahasisswa sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Pelaksanaan PPL
diharapkan seluruh mahasiswa dapat memperoleh pengalaman serta dapat
mempraktikkan seluruh teori-teori yang diperolehnya selama kuliah ke dalam
kondisi yang nyata, yakni di sekolah-sekolah tempat pelaksanaan PPL, sebelum
para mahasiswa dinyatakan lulus dan benar-benar terjun kedunia kependidikan
yang sesungguhnya.
Kegiatan PPL dilaksanakan di SMA Negeri 7 Purworejo yang dimulai dari
mulai tanggal 10 Agustus 2015 hinggsa tanggal 10 September 2015. Adapun
kegiatan yang dilaksanakan selama PPL selain kegiatan pokok turut serta dalam
proses kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah kegiatan-kegiatan yang melingkupi
kegiatan penunjang keprofesian guru seperti turut serta dalam setiap agenda-agenda
kegiatan yang dilaksanakan oleh guru maupun para siswa.
Hasil observasi yang dilakukan sebelum pelaksanaan PPL diperoleh beberapa
data terkait analisis situasi dan kondisi sekolah yang secara garis besar
mengungkapkan bahwa SMA Negeri 7 Purworejo dari segi kondisi fisik memiliki
berbagai sarana dan prasarana yang diantaranya berupa akses wifi gratis, LCD,
Soundsystem, Kipas Angin, dan lain sebagainya yang telah terpasang dan terhubung
diseluruh ruangan kelas dan labolatorium. Sedangkan ditinjau dari segi non fisik
berupa input siswa dan guru SMA Negeri 7 Purworejo merupakan sekolah favorit
dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimlikinya merupakan SDM yang
berkualitas dan sangat memungkinkan sekali menunjang dalam segala bentuk
proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu, kegiatan non akademik berupa
kegiatan intra dan ekstrakurikuler sekolah sangat didukung dan difasilitasi
sepenuhnya oleh pihak sekolah, berupa ruangan dan alat-alat penunjang sebagai
wadah untuk meningkatkan kemampuan daya kreatifitas siswa-siswa dalam
mengembangkan potensi, minat dan bakat mereka.
Selama proses kegiatan PPL, penulis didampingi oleh Bapak Ucik Hartono,
M.Pd. selaku guru Geografi dan sekaligus sebagai guru pendamping. Penulis
mendapatkan pembagian tugas mengajar kelas utama yaitu di kelas X IIS 1, X IIS
2, X IIS , dan XI MIPA 4, sehingga totalnya adalah 13 jam perminggu. Berdasarkan
hal tersebut, secara keseluruhan maka penulis telah memperoleh pengalaman
mengajar sejumlah 20 kali tatap muka dengan total alokasi waktu sejumlah 55,25
jam selama PPL di SMA Negeri 7 Purworejo. Adapun keseluruhan jumlah jam yang
telah terlaksana sesuai dengan matriks program kerja individu PPL tahun 2015
sejumlah 300 jam yang meliputi dari proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.Catur Nofi Anto Catur Nofi Anto