Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:32:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-02-23T00:55:41Z2019-10-01T11:34:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47386This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/473862017-02-23T00:55:41ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016
Lokasi:
SMA NEGERI 1 SEWON
Jalan Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55187Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) semester khusus tahun 2015 telah
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sewon, Jl. Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon,
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55187 selama 2 bulan sejak tanggal 15 Juli
2016 sampai dengan 15 September 2016. PPL sebagai usaha untuk meningkatkan
efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan
kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PPL diharapkan
dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal
pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan
kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan,
kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah.
Dalam Praktik Pengtalaman Lapangan (PPL) ini mahasiswa terjun langsung
ke sekolah dan berbaur dengan warga sekolah. Setelah menjalani proses adaptasi,
mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran, dan fungsinya selama
PPL dengan baik. Program utama penulis adalah Kegiatan pembelajaran materi fisika
di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari
administrasi guru, kegiatan-kegiatan sekolah, serta piket.
Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaann
meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Keberhasilan
program-program PPL dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara
sekolah dan mahasiswa. Dampak positif bagi mahasiswa adalah mengembangkan
kompetensi mahasiswa sebagai calon guru sedangkan untuk sekolah adalah
memperoleh memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon
guru atau tenaga kependidikan yang profesional.Caprina Puspita Caprina Puspita