Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:19:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-04T02:05:30Z2019-01-30T10:12:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38661This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/386612016-08-04T02:05:30ZANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL
MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN
KELAS X AKUNTANSI SMK SWADAYA TEMANGGUNG
TAHUN AJARAN 2015/2016Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal Ujian Akhir
Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X
Akuntansi SMK Swadaya Temanggung Tahun Ajaran 2015/2016 ditinjau dari
Validitas Butir Soal, Reliabilitas Soal, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan
Efektivitas Pengecoh.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMK Swadaya Temanggung.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi meliputi soal, kunci
jawaban, dan jawaban siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
kuantitatif dengan menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya
pembeda, dan efektivitas pengecoh. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan bantuan program ANATES versi 4 dan perhitungan manual dengan
Microsoft Excel.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Ditinjau dari Validitas, soal yang valid
berjumlah 30 butir (60%) dan soal yang tidak valid berjumlah 20 butir (40%); (2)
Ditinjau dari Reliabilitas, Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran
Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X Akuntansi SMK Swadaya
Temanggung Tahun Ajaran 2015/2016 merupakan soal yang reliabel dengan
tingkat reliabilitas sebesar 0,711; (3) Ditinjau dari Tingkat Kesukaran, butir soal
yang tergolong sukar berjumlah 14 (28%), butir soal dengan tingkat kesukaran
sedang berjumlah 25 (50%), dan butir soal yang tergolong mudah berjumlah 11
(22%); (4) Ditinjau dari Daya Pembeda, butir soal yang jelek berjumlah 25 (50%),
butir soal dengan daya pembeda cukup berjumlah 20 (40%), butir soal yang baik
berjumlah 1 (2%), dan butir soal yang memiliki daya pembeda negatif berjumlah
4 (8%); (5) Ditinjau dari Efektivitas Pengecoh, butir soal yang sangat baik
berjumlah 1 (2%), butir soal yang baik berjumlah 8 (16%), butir soal yang cukup
baik berjumlah 17 (34%), butir soal yang kurang baik berjumlah 19 (38%), dan
butir soal yang tidak baik berjumlah 5 (10%).Ratna Candra Wulaningtyas