Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:15:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-05T03:06:07Z2019-01-29T17:29:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8342This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83422012-12-05T03:06:07ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) UNTUK
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA
DI SMP N 1 NGAGLIK SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
IPA dengan Model Kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) yang dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMP N 1
Ngaglik Sleman.
Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Langkah-langkah
dalam setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas VII C SMP N 1 Ngaglik
Sleman. Tema yang di gunakan adalah Lingkunganku Tercemar Bahan Kimia
dalam Rumah Tangga. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari
lembar angket dan lembar soal tes (pretest dan posttest). Data peningkatan
motivasi belajar dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, sedangkan
data peningkatan hasil belajar IPA dianalisis dengan menggunakan Gain Normal
dan effect size.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model
Kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi
dan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMP N 1 Ngaglik Sleman. Berdasarkan
hasil analisis data dapat diketahui adanya peningkatan motivasi siswa ditunjukkan
dengan adanya kenaikan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus
II. Pada siklus I, persentase motivasi belajar siswa adalah 83,3%, sedangkan pada
siklus II adalah 94%. Sementara itu, Peningkatan hasil belajar siswa ditandai
dengan meningkatnya nilai rata-rata pretest dan posttest pada setiap siklus dengan
nilai Gain sebesar 0,28 pada siklus I dan 0,61 pada siklus II. Peningkatan hasil
belajar peserta didik juga ditandai dengan adanya peningkatan rata-rata nilai
posttest dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 15,6 poin. Peningkatan tersebut
kemudian dianalisis menggunakan effect size dan memberikan efek sebesar 1,8
termasuk dalam kategori tinggi. Nilai dari efek tersebut menandakan bahwa
penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT)
pada Tema Lingkunganku Tercemar Bahan Kimia dalam Rumah Tangga
memberikan efek besar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Model Kooperatif tipe TGT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.Pranata Calisa Ari