Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:27:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-11-12T02:49:16Z2019-11-12T02:49:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66622This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/666222019-11-12T02:49:16ZPengembangan Mobile Learning berbasis Android Materi Instalasi Sistem
Operasi Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Siswa Kelas X TKJ SMKN 2
YogyakartaFajar Dwi CahyonoSujarwo Sujarwo2019-10-16T02:14:16Z2019-10-16T02:14:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66166This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/661662019-10-16T02:14:16ZPengembangan Mobile Learning Berbasis Android Materi Instalasi Sistem Operasi sebagai Media Pembelajaran Mandiri Siswa Kelas X SMK N 2 Yogyakarta.Tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk mobile learning berbasis android materi instalasi sistem operasi yang layak untuk siswa kelas X TKJ SMK N 2 Yogyakarta. (2) Mengetahui efektivitas penggunaan produk mobile learning berbasis android materi instalasi sistem operasi yang dihasilkan terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK N 2 Yogyakarta.
Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip. Prosedur pengembangan terdiri dari tiga fase, yaitu perencanaan, desain dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan ongoing evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi oleh dua ahli media dan dua ahli materi (tes alfa) kemudian dilakukan revisi produk awal. Tahap berikutnya dilakukan tes beta yang dilakukan terhadap 29 siswa kelas X-TKJ 1 sebagai calon pengguna sekaligus sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas X-TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilaukan menggunakan lembar validasi produk untuk ahli media dan ahli materi, kuesioner untuk pengguna dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran mobile learning berbasis android ini dinilai sangat baik yang diperoleh melalui uji alfa dan uji beta, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa. Uji efektifitas menunjukkan bahwa penggunaan mobile learning lebih efektif dari pada pembelajaran yang tanpa menggunakan mobile learning. Rerata n-gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dan nilainya sangat signifikan. Hasil dari data mobile learning sebagai media belajar mandiri menunjukkan bahwa mobile learning berbasis android materi instalasi sistem operasi memiliki kualitas yang baik untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri siswa SMK dalam proses pembelajaran.Fajar Dwi CahyonoSujarwo Sujarwo