Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:08:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-07T03:19:07Z2019-01-29T20:15:05Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15308This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/153082015-04-07T03:19:07ZPENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, KEAMANAN,
KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN
TERHADAP PENGGUNAAN ONLINE BANKING PADA MAHASISWA S1
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAPENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, KEAMANAN,
KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN
TERHADAP PENGGUNAAN ONLINE BANKING PADA MAHASISWA S1
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Oleh:
Wanandi Yoso Hanur Cahyo
10412144037
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Persepsi Kebermanfaatan
terhadap Penggunaan Online banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Yogyakarta, (2) pengaruh Keamanan terhadap Penggunaan Online banking pada
Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, (3) pengaruh
Kepercayaan terhadap Penggunaan Online banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Yogyakarta, (4) pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap
Penggunaan Online banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Yogyakarta, (5) pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan dan Persepsi
Kemudahan Penggunaan secara bersama-sama terhadap Penggunaan Online banking pada
Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian survai. Populasi dalam penelitian ini adalah
Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 2443
orang (data bulan Januari 2014), sampel yang diambil berjumlah 139 orang. Uji coba
instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Sebelum dilakukan analisis
terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji
linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Analisis data yang digunakan untuk
menguji hipotesis adalah dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan
analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persepsi Kebermanfaatan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Online banking, yang
ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,147, koefisien korelasi (r)
sebesar 0,273 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 3,317>1,656. 2) Keamanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Online banking, yang
ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,425, koefisien korelasi (r)
sebesar 0,266 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 3,230>1,656. 3) Kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Online banking, yang
ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,580, koefisien korelasi (r)
sebesar 0,368 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,633>1,656. 4) Persepsi
Kemudahan Penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan
Online banking, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,175,
koefisien korelasi (r) sebesar 0,349 dan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar
4,363>1,656. 5) Persepsi Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan dan Persepsi
Kemudahan Penggunaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Penggunaan Online banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Yogyakarta, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r)
sebesar 0,579 dan nilai F hitung > F tabel yaitu sebesar 16,865>2,4392.Cahyo Cahyo Wanandi Yoso Hanur