Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:43:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-17T03:21:30Z2019-01-30T14:28:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50752This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/507522017-07-17T03:21:30ZPENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MELALUI PETA KONSEP
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA DINAMIS
DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL KEMAMPUAN MATEMATIK
SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KLATENPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikam kelayakan pembelajaran
melalui peta konsep yang dikembangkan, mengungkap peningkatan pemahaman
konsep fluida dinamis yang ditinjau dari kemampuan awal dan kemampuan
matematis siswa, mendeskripsikan hubungan antara tanggapan siswa terhadap
pembelajaran, dan mengungkap sumbangan variabel kovariat (kemampuan awal
dan kemampuan matematis terhadap pemahaman konsep fluida dinamis siswa.
Model Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
yang dikembangkan Thiagarajan menjadi model pengembangan 4-D (Four D
Models). Tahap-tahap penelitian ini yaitu : (1) tahap pendefinisian (define), (2)
tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (develop), dan tahap
diseminasi (deseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA I dan kelas
XI MIPA II SMA N 3 Klaten. Untuk uji coba pembelajaran Fisika melalui peta
konsep. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi
produk, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan
instrumen tes. Teknik analisis data antara lain menggunakan analisis deskriptif
untuk hasil validasi LKS, presentase untuk keterlaksanaan pembelajaran, dan uji
anakova untuk memberikan kontribusi keberlangsungan pembelajaran yang
difokuskan pada hasil belajar kognitif Fisika yang dikembangkan di kelas berupa
pemahaman konsep fluida dinamis.
Hasil Penelitian pengembangan menunjukkan bahwa dihasilkan produk LKS
dengan pembelajaran melalui peta konsep dengan nilai A, dalam kategori sangat
baik. Berdasarkan analisis t kovarian dan BRS terhadap hasil belajar kognitif
berupa pemahaman konsep fluida dinamis didapatkan nilai t kovarian 9,93 dan nilai
BRSnya 8,45. Karena nilai t kovarian>BRS maka dapat dinyatakan ada perbedaan
yang signifikan. Variabel kemampuan awal memberikan sumbangan efektif
terhadap pemahaman konsep fluida dinamis lebih besar (16,09%) jika
dibandingkan variabel kemampuan matematis (8,90%).
Kata kunci : Pembelajaran melalui peta konsep, LKS, kemampuan awal,
kemampuan matematis, pemahaman konsep fluida dinamis.Cucu CahyaningsihSuparwoto Suparwoto