Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:23:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-13T10:12:59Z2019-01-30T01:53:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24970This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/249702015-08-13T10:12:59ZPENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH AMICA SEBAGAI SUMBER
BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI MENGGAMBAR BUSANA
PESTA SISWA KELAS X di SMK DIPONEGORO YOGYAKARTAPENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH AMICA SEBAGAI SUMBER
BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI MENGGAMBAR BUSANA
PESTA SISWA KELAS X di SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA
Oleh:
CITRA N TIRTADEWI
NIM: 07513241023
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kompetensi menggambar
busana pesta siswa kelas X di SMK Diponegoro Yogyakarta sebelum
menggunakan majalah AMICA sebagai sumber belajar (2) mengetahui
kompetensi menggambar busana pesta siswa kelas X di SMK Diponegoro
Yogyakarta setelah menggunakan majalah AMICA sebagai sumber belajar dan (3)
mengetahui pengaruh penggunaan majalah AMICA sebagai sumber belajar
terhadap kompetensi menggambar busana pesta siswa kelas X di SMK
Diponegoro Yogyakarta.
Metode penelitian ini termasuk jenis quasi eksperimen dengan pre-test-posttest
one group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November –
Desember 2012 di SMK Diponegoro Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X Busana Butik berjumlah 33 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes unjuk kerja berupa penilaian unjuk
kerja. Validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi (content
validity) dan validitas konstrak (construct validity). Reliabilitas instrumen lembar
observasi (afektif) dilakukan dengan teknik antarrate. Uji reliabilitas untuk
lembar penilaian unjuk kerja dan lembar tes pilihan ganda menggunakan Alpa
Cronbach diperoleh r = 0,619. Teknik analisis data menggunakan statistik
deskriptif dengan uji t untuk mengetahui pengaruh penggunaan majalah AMICA
sebagai sumber belajar terhadap kompetensi menggambar busana pesta siswa
kelas X di SMK Diponegoro Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi menggambar busana
pesta sebelum menggunakan majalah AMICA sebagai sumber belajar terdapat
45,5% atau 15 siswa dengan kategori belum tuntas, 18 siswa atau 54,5% kategori
tuntas (2) kompetensi menggambar busana pesta setelah menggunakan majalah
AMICA sebagai sumber belajar terdapat 33 siswa atau 100% dalam kategori
tuntas dan (3) ada pengaruh penggunaan majalah AMICA sebagai sumber belajar
terhadap kompetensi menggambar busana pesta ditunjukkan oleh hasil uji t
dengan t hitung 12,607 > t table (1,697) dan taraf signifikansi 5% serta dari pengaruh
penggunaan majalah AMICA sebagai sumber belajar kompetensi siswa meningkat
sebesar 15,55%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan majalah AMICA
sebagai sumber belajar dapat meningkatkan kompetensi menggambar busana
pesta.
Kata kunci : kompetensi menggambar busana pesta, sumber belajarTIRTADEWI CITRA N