Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:57:07ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-09-22T03:10:23Z2019-03-11T02:16:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26416This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/264162015-09-22T03:10:23ZIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR GULING KE
DEPAN SISWA KELAS IV SD NEGERI EX GUGUS KREATIF KECAMATAN
SECANG KABUPATEN MAGELANGMasalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran senam lantai guling ke
depan yang telah dilaksanakan kurang berjalan secara efektif dikarenakan banyak
Faktor yang menjadi Penyebab Kesulitan Belajar Guling Ke Depan Siswa Kelas IV
SD.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan
kesulitan belajar guling ke depan siswa kelas IV SD Negeri Ex Gugus Kreatif
Kecamatan Secang Kabupaten Magelang.
Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk mengetahui
kemampuan dan mengidentifikasi kesulitan belajar siswa kelas IV SD. Subyek
penelitian ini berjumlah 104 siswa kelas IV yang terdiri dari SD Negeri Jambewangi
17 siswa, SD Negeri 1 Payaman 30 siswa, SD Negeri Kalijoso 29 siswa dan SD
Negeri Pancuranmas 28 siswa. Instrument yang digunakan dalam penetian ini
menggunakan angket Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif,
Hasil penelitian menunjukan bahwa 4 siswa (4%) siswa mengalami kesulitan
belajar kategori “sangat tinggi”.sebanyak 24 siswa (23%) siswa mengalami kesulitan
belajar kategori ”tinggi”. Sebanyak 50 siswa (48%) siswa mengalami kesulitan
belajar kategori ”sedang” dan sebanyak 18 siswa (17%) siswa mengalami
kesulitan belajar kategori ”rendah”. Sebanyak 8 siswa (8%) siswa mengalami
kesulitan belajar kategori ”sangat rendah”. Dengan rata-rata klasikal tingkat
kesulitan belajar guling ke depan sebesar 87.38 dalam kategori sedang/ kesulitan
sedang.CIPTONING