Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:59:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-04-27T03:30:46Z2019-01-30T14:02:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48926This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/489262017-04-27T03:30:46ZPENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, DAN
TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 DEPOK
TAHUN AJARAN 2016/2017Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar
terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Depok
Tahun Ajaran 2016/2017, 2) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar
Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017,
3) Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS di SMA
Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017, 4) Motivasi Belajar, Perhatian Orang
Tua, dan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS
di SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok
Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 90 siswa. Angket diuji validitas dan
reliabilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Uji asumsi klasik
meliputi uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis
terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan
efektif.
Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap
Prestasi Belajar Akuntansidengan rx1y=0,421, rtabel= 0,207, r2
x1y=0,178. 2)
Terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar
Akuntansi dengan rx1y=0,609, rtabel= 0,207, r2
x1y=0,371. 3) Terdapat pengaruh
positif Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansidengan rx1y=0,372,
rtabel= 0,207, r2
x1y=0,139. 4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Perhatian
Orang Tua, dan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar
Akuntansi dengan Ry(1,2,3)=0,649, R2
y(1,2,3)=0,421, Fhitung=20,843, Ftabel=2,71.
Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 20,9% dan Sumbangan Efektif 8,8%.
Sumbangan Relatif Perhatian Orang Tua sebesar 73% dan Sumbangan Efektif
30,7%. Sumbangan Relatif Teman Sebaya sebesar 6,2% dan Sumbangan Efektif
2,6%.MAYA CAROLITA