Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:12:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-11-12T07:47:44Z2019-11-12T07:47:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66635This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/666352019-11-12T07:47:44ZPengembangan Multimedia Pembelajaran Materi
Bangun Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V
Sekolah DasarPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk pengembangan
multimedia pembelajaran bangun ruang yang layak untuk siswa kelas V Sekolah
Dasar, dan (2) Meningkatkan minat dan hasil belajar siswa yang dihasilkan melalui
multimedia pembelajaran bangun ruang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan Allesi & Trollip meliputi tiga tahap, yaitu
tahap perencanaan, desain dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain
dilakukan on going evaluation hingga menghasilkan produk awal. Tahap
pengembangan dilakukan uji alpha dan uji beta untuk mengetahui tingkat kelayakan
multimedia, dan uji efektivitas untuk mengetahui hasil belajar siswa, serta uji minat
belajar siswa untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum dan sesudah
menggunakan multimedia pembelajaran bangun ruang. Uji alpha dilakukan dengan
dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Sedangkan uji beta dilakukan
dengan 3 orang siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta sebagai
resonden. Uji Efektivitas dan uji minat dengan 24 siswa kelas V SD Negeri
Rejowinangun 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran bangun
urang yang berbenuk file swf yang dikemas dalam bentuk CD. Produk multimedia
pembelajaran memiliki karakteristik mampu memvisaulisasikan konsep bangun
ruang yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit. Selain itu, produk ini memiliki
komponen-komponen yang dapat dikontrol secara mandiri oleh pengguna. Masingmasing
submateri multimedia juga dilengkapi dengan latihan soal yang sesuai
dengan isi materi. Hasil uji alfa dinilai bahwa multimedia termasuk kategori layak
dengan hasil validasi ahli materi rata-rata skor sebesar “4,13” dari 5,00, sedangkan
hasil validasi ahli media sebesar “4,29” dari 5,00. Pada uji beta diperoleh hasil
bahwa multimedia masuk dalam kriteria sangat layak dengan hasil validasi sebesar
“4,33” dari 5,00. Multimedia ini juga terbukti dapat meningkatkan minat belajar
siswa sebesar 15,62% dari 55,17% menjadi 70,92% dan hasil belajar siswa kelas V
SD Negeri Rejowinangun 1 dengan nilai gain sebesar “0,81” termasuk dalam
klasifikasi tinggi.
Kata Kunci: multimedia pembelajaran, bangun ruang, minat belajar, hasil
belajarWulan BudiartiMoch Bruri Triyono