Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:36:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-30T03:15:34Z2019-01-29T23:35:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20622This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/206222015-06-30T03:15:34ZPELAKSANAAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN
DI SMP NEGERI 3 GODEANPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan standar
pengelolaan pendidikan yang terdiri dari: (1) perencanaan program; (2)
pelaksanaan program; (3) pengawasan dan evaluasi; (4) kepemimpinan sekolah;
serta (5) pengembangan sistem informasi manajemen di SMP Negeri 3 Godean.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, mengacu pada
metode penelitian pendidikan, penelitian mengarah pada jenis evaluatif. Sumber
informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah,
Guru, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, dan Siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan pencermatan dokumen. Uji
keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data
dianalisis dengan tahapan mengorganisasikan data, reduksi data, pengelompokkan
berdasarkan kategori, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan program di
SMP Negeri 3 Godean sudah sesuai dengan Standar Pengelolaan Pendidikan
Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah karena telah meliputi perumusan dan
penetapan visi, misi, tujuan sekolah, penyusunan rencana kerja sekolah jangka
empat tahunan dan satu tahunan, serta aspek perencanaan dan pedoman sekolah.
(2) Pelaksanaan program di SMP Negeri 3 Godean merupakan aspek yang lebih
dominan dibandingkan dengan komponen standar pengelolaan pendidikan
lainnya, hal ini karena setiap program dijalankan oleh masing-masing warga
sekolah dengan penuh kesadaran dan sesuai dengan pembagian tugas yang telah
ditetapkan. (3) Pengawasan dan evaluasi pendidikan di SMP Negeri 3 Godean
telah dilaksanakan sesuai dengan kaidah standar pengelolaan pendidikan. (4)
Kepemimpinan sekolah di SMP Negeri 3 Godean sudah sesuai dengan standar
pengelolaan pendidikan karena struktur kepemimpinan terdiri dari kepala sekolah
dibantu dengan wakil kepala sekolah dan koordinator urusan serta sudah
menyadari peranan dan fungsi masing-masing untuk mendukung optimalisasi
pengelolaan menuju sekolah yang bermutu. (5) Pengembangan sistem informasi
manajemen sudah cukup baik, akan tetapi masih perlu ditingkatkan pada aspek
penggunaan fasilitas untuk mendukung administrasi dan pengelolaan sekolah.Prabowo Budi Setiyoapfip@uny.ac.id2015-06-30T03:09:44Z2019-01-29T22:50:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19441This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/194412015-06-30T03:09:44ZPELAKSANAAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN
DI SMP NEGERI 3 GODEANPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan standar
pengelolaan pendidikan yang terdiri dari: (1) perencanaan program; (2)
pelaksanaan program; (3) pengawasan dan evaluasi; (4) kepemimpinan sekolah;
serta (5) pengembangan sistem informasi manajemen di SMP Negeri 3 Godean.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, mengacu pada
metode penelitian pendidikan, penelitian mengarah pada jenis evaluatif. Sumber
informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah,
Guru, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, dan Siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan pencermatan dokumen. Uji
keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data
dianalisis dengan tahapan mengorganisasikan data, reduksi data, pengelompokkan
berdasarkan kategori, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan program di
SMP Negeri 3 Godean sudah sesuai dengan Standar Pengelolaan Pendidikan
Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah karena telah meliputi perumusan dan
penetapan visi, misi, tujuan sekolah, penyusunan rencana kerja sekolah jangka
empat tahunan dan satu tahunan, serta aspek perencanaan dan pedoman sekolah.
(2) Pelaksanaan program di SMP Negeri 3 Godean merupakan aspek yang lebih
dominan dibandingkan dengan komponen standar pengelolaan pendidikan
lainnya, hal ini karena setiap program dijalankan oleh masing-masing warga
sekolah dengan penuh kesadaran dan sesuai dengan pembagian tugas yang telah
ditetapkan. (3) Pengawasan dan evaluasi pendidikan di SMP Negeri 3 Godean
telah dilaksanakan sesuai dengan kaidah standar pengelolaan pendidikan. (4)
Kepemimpinan sekolah di SMP Negeri 3 Godean sudah sesuai dengan standar
pengelolaan pendidikan karena struktur kepemimpinan terdiri dari kepala sekolah
dibantu dengan wakil kepala sekolah dan koordinator urusan serta sudah
menyadari peranan dan fungsi masing-masing untuk mendukung optimalisasi
pengelolaan menuju sekolah yang bermutu. (5) Pengembangan sistem informasi
manajemen sudah cukup baik, akan tetapi masih perlu ditingkatkan pada aspek
penggunaan fasilitas untuk mendukung administrasi dan pengelolaan sekolah.Prabowo Budi Setiyoapfip@uny.ac.id