Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:28:48ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2023-09-21T01:48:53Z2023-09-21T01:48:53Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75934This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/759342023-09-21T01:48:53ZIMPLEMENTASI PENDIDIKAN ALTERNATIF UNTUK ANAK DI
LOKALISASI BONG SUWUNG YOGYAKARTAPenelitian ini bertujunan untuk mendeskripsikan : (1) Implementasi
pendidikan alternatif untuk anak di Lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta, (2)
Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program pendidikan
alternatif untuk anak di Lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Lokasi penelitian di Lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta yang
beralamatkan di Kelurahan Pringgokusuman, Kecamatan Gedongtengen,
Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah empat pendidik dengan informan empat
dari pendidik, dua dari seksi penyelenggara program, satu Kepala YRSPM, dan
Ketua Komunitas ADS, serta tiga dari peserta didik dalam program pendidikan
alternatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan
kesimpulan dengan menguji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi
sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi pendidikan
alternatif di Lokalisasi Bong Suwung Yogyakarta ditinjau dari aspek bahan
pembelajaran. (2) Implementasi pendidikan alternatif di lokalisasi Bong Suwung
Yogyakarta ditinjau dari aspek materi pembelajaran. (3) Implementasi pendidikan
alternatif dalam pendidikan alternatif ditinjau dari aspek media pembelajaran. (4)
Implementasi pendidikan alternatif untuk anak di lokalisasi Bong Suwung
Yogyakarta ditinjau dari strategi pembelajaran dengan menggunakan metode
pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan). (5)
Implementasi pendidikan alternatif untuk anak di lokalisasi Bong Suwung
Yogyakarta ditinjau dari aspek karakteristik peserta didik. (6) Faktor pendukung :
sumber daya program dengan pendekatan komunitas yang memudahkan program
ini, materi pembelajaran dari para komunitas, dokter yang mensupport dana
program, dan antusias peserta didik yang tinggi serta dukungan dari orangtua.
Faktor penghambat : tidak diperbolehkannya karyawisata keluar wilayah oleh
para orangtua anak, kurangnya kepercayaan oleh pihak orangtua kepada para
pengurus program dikarenakan program baru berjalan, dan kewaspadaan warga
sekitar terhadap orang baru dan tidak diperkenankan meliput keadaan di kawasan
lokalisasi tanpa adanya perijinan terlebih dahulu.Budi Rustanta Budi Rustanta2017-01-13T02:08:01Z2019-10-01T11:34:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45759This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/457592017-01-13T02:08:01ZLAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016
SKB KABUPATEN SLEMANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi
kompetensi mahasiswa sebagai calon Pendidik maupun Tenaga Kependidikan. PPL Mahasiswa
dilaksanakan dalam rangka mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan, begitu juga
mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih banyak
dalam proses pengajaran di lingkungan yang nyata. Dengan demikian mahasiswa dapat
memberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi
calon Pendidik maupun Tenaga Kependidikan yang profesional.
UPTD SKB Kab. Sleman merupakan lembaga satuan Pendidikan Luar Sekolah yang
fokus pada pelayanan pendidikan non formal dan informal kepada masyarakat. Adapun
serangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu Program Kesetaraan (Paket C), Taman Penitipan
Anak (TPA) Tunas Harapan, Kelompok Bermain (KB) Binaan, Pendidikan Kursus Manajemen
Rumah Tangga Untuk PKK se Kab.Sleman, ProgramParenting, Program Kecakapan Hidup,
Program Kursus Menjahit.
Berdasarkan hasil observasi dan untuk menindak lanjuti hal tersebut maka tersusunlah
beberapa program kerja PPL kelompok dan individu.Program kerja kelompok meliputi; (1)
Pendampingaan Kursus Manajemen Rumah Tangga, (2) Lomba antar Paud dalam rangka
September Ceria, (3) Perpisahan. Serta Program individu meliputi; (1) Pendampingan TPA, TK,
KB, dan PAUD Tunas Harapan yang beralamatkan di, Kalitirto, Berbah, Sleman, (2) PAUD
Tunas Bangsa yang beralamatkan di Ngasem, (3) PAUD Among Putro yang beralamatkan di
Jangkang. Yang kesemuanya berada di Kabupaten Sleman dan merupakan PAUD binaan SKB
Kab.Sleman. Serta ditambah dengan program Pendampingan dan Pengajaran di (1) Kesetaraan
(Paket A), (2) Kekasaraan Fungsional (Calistung). Secara keseluruhan semua program sudah
terlaksana dengan baik dan sesuai dengan perencanaan karena adanya berbagai dukungan
serta antusiasme dan Tanggapan yang baik dari warga belajar, maupun seluruh pegawai
beserta staf SKB Kab.Sleman terhadap program-program yang sudah disusun tersebut.
Hal-hal terkait pelaksanaan programnya tidak mengalami hambatan yang berarti. Dan
berharap Mahasiswa mampu bertanggung jawab dengan programnya masing-masing mengenai
berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).Budi Rustanta Budi Rustanta