Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:05:17ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-19T06:34:09Z2019-10-01T11:46:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32921This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/329212016-05-19T06:34:09ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
Periode 10 Agustus 2015 – 12 September 2015Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi
mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang telah diterima di bangku perkuliahan
yang kemudian dipraktekkan secara nyata di lapangan khususnya dalam bidang
pendidikan. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk memberikan pengalaman
kepada setiap pribadi mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan potensi
seorang calon pengajar. Mahasiswa dituntut untuk mempelajari, mengenal bahkan
menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dapat dijumpai di sekolah
khususnya pada saat praktek mengajar.
Sebelum masuk pada pelaksanaan PPL, terlebih dahulu mahasiswa
melakukan observasi guna menyusun rumusan program yang nantinya akan
dilaksanakan pada saat PPL berlangsung. Selain observasi, mahasiswa disiapkan
secara matang oleh pihak Universitas melalui berbagai kegiatan pra-PPL mulai dari
pembekalan hingga tahap mengikuti matakuliah microteaching.
Setelah semua persiapan dirasa matang maka berlangsunglah kegiatan PPL
yang dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Negeri
Yogyakarta di setiap lokasi PPL yang sudah ditentukan. Pelaksanaan PPL dimulai
pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan PPL
dilakukan dengan mengajar baik pada intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
Pelaksanaan kegiatan intrakurikuler yaitu mengajar di kelas selama jam kegiatan
pembelajaran berlangsung sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah.
Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan
dalam satu kelas yakni kelas 7A, 7E, 7F dan sebanyak empat kali pada kelas 9B, 9C,
9D. Sebelum praktek mengajar di kelas, mahasiswa praktikan menyiapkan segala
kelengkapan yang umumnya dilakukan oleh guru-guru professional yaitu membuat
Silabus, Rancangan program Pembelajaran (RPP), hingga Kisi-kisi Soal Ujian.
Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain: informasi,
demonstrasi, diskusi, dan praktek. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran
digunakan beberapa media antara lain partitur lagu, alat-alat musik mulai dari tradisional (angklung) hingga alat musik modern, dan berbagai macam media yang
dibuat oleh mahasiswa sendiri yang tentunya bertujuan untuk mempermudah siswa
dalam menangkap materi yang diajarkan. Pada pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler, di sini mahasiswa membantu guru Seni Budaya (Seni Musik) untuk
mengajar paduan suara dan ansambel musik. Peran mahasiswa di sini selain
membantu juga sebagai pengembang kegiatan ekstrakurikuler misalnya saja dalam
pemilihan dan pembuatan materi lagu yang akan dimainkan pada ekstrakurikuler
ansambel musik.
Dalam melaksanakan kegiatan PPL tentu mahasiswa menjumpai banyak
kendala dan hambatan, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam
pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan; atau juga menghadapi siswa yang
cukup kesulitan mengikuti materi pembelajaran Seni Budaya. Namun, tugas
mahasiswa sebagai calon pengajar adalah memberikan pengetahuan kepada peserta
didiknya, di sini mahasiswa dituntut untuk lebih kreatif sehingga peserta didik dapat
lebih mudah memahami materi yang diberikan juga diharapkan peserta didik akan
menyenangi matapelajaran yang diampu oleh mahasiswa.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan
gambaran secara nyata tentang kegiatan di dalam dunia pendidikan khususnya di
sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung
terlaksananya program-program PPL yang berjalan dengan lancar dan sukses.
Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik
yang professional dan berkualitasBrigitta Puspa J Brigitta Puspa J