Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:38:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-11-23T02:54:53Z2019-10-01T11:58:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43888This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/438882016-11-23T02:54:53ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Program Kuliah Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program
studi kependidikan. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada
mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan
keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan
kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar
yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan
yang sebenarnya.
SMP Negeri 3 Depok berlokasi di Sopalan, Maguwoharjo, Depok, Sleman,
Yogyakarta ini merupakan sekolah bertaraf SSN (Sekolah Standar Nasional) yang
mempunyai 4 kelas untuk kelas VII, 4 kelas untuk kelas VIII, dan 4 kelas untuk kelas
IX. Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa pada
tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014 sebagai wujud pengabdian
mahasiswa kepada masyarakat, sekolah atau lembaga masyarakat sekaligus untuk
melatih mahasiswa dalam menerapakan pengetahuan dan kemampuan yang telah
dimiliki. Pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari hambatan-hambatan seputar kegiatan
belajar mengajar. Namun demikian, praktikan berusaha sebaik mungkin untuk dapat
meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan PPL dengan
menerapkan ilmu atau teori-teori yang telah dipelajari di kampus, sehingga seluruh
rangkaian pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar dan sesuai dengan program.
Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi
mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut
berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah
tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan
mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa KKN PPL UNY
diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan
pendidikan Indonesia.Bety Indrajayanti Bety Indrajayanti2016-11-15T01:47:25Z2019-10-01T11:58:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43622This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/436222016-11-15T01:47:25ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMP NEGERI 3 DEPOKProgram Kuliah Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program
studi kependidikan. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada
mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan
keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan
kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar
yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan
yang sebenarnya.
SMP Negeri 3 Depok berlokasi di Sopalan, Maguwoharjo, Depok, Sleman,
Yogyakarta ini merupakan sekolah bertaraf SSN (Sekolah Standar Nasional) yang
mempunyai 4 kelas untuk kelas VII, 4 kelas untuk kelas VIII, dan 4 kelas untuk kelas
IX. Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa pada
tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014 sebagai wujud pengabdian
mahasiswa kepada masyarakat, sekolah atau lembaga masyarakat sekaligus untuk
melatih mahasiswa dalam menerapakan pengetahuan dan kemampuan yang telah
dimiliki. Pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari hambatan-hambatan seputar kegiatan
belajar mengajar. Namun demikian, praktikan berusaha sebaik mungkin untuk dapat
meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan PPL dengan
menerapkan ilmu atau teori-teori yang telah dipelajari di kampus, sehingga seluruh
rangkaian pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar dan sesuai dengan program.
Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi
mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut
berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah
tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan
mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa KKN PPL UNY
diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan
pendidikan Indonesia.Bety Indrajayanti Bety Indrajayanti2016-08-16T08:37:47Z2019-10-01T11:58:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39978This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/399782016-08-16T08:37:47ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMP NEGERI 3 DEPOK
Sopalan, Maguwoharjo, Depok, SlemanProgram Kuliah Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program
studi kependidikan. Tujuan dari program ini untuk memberikan pengalaman kepada
mahasiswa dalam bidang pembelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan dan
keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata, melatih dan mengembangkan
kompetensi kependidikan untuk bekal mahasiswa sebagai sumber daya pengajar
yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan kelak ketika bergelut di dunia pendidikan
yang sebenarnya.
SMP Negeri 3 Depok berlokasi di Sopalan, Maguwoharjo, Depok, Sleman,
Yogyakarta ini merupakan sekolah bertaraf SSN (Sekolah Standar Nasional) yang
mempunyai 4 kelas untuk kelas VII, 4 kelas untuk kelas VIII, dan 4 kelas untuk kelas
IX. Kegiatan PPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa pada
tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014 sebagai wujud pengabdian
mahasiswa kepada masyarakat, sekolah atau lembaga masyarakat sekaligus untuk
melatih mahasiswa dalam menerapakan pengetahuan dan kemampuan yang telah
dimiliki. Pelaksanaan PPL ini tidak lepas dari hambatan-hambatan seputar kegiatan
belajar mengajar. Namun demikian, praktikan berusaha sebaik mungkin untuk dapat
meminimalisir hambatan-hambatan yang terjadi selama pelaksanaan PPL dengan
menerapkan ilmu atau teori-teori yang telah dipelajari di kampus, sehingga seluruh
rangkaian pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar dan sesuai dengan program.
Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi
mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut
berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah
tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan
mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa KKN PPL UNY
diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan
pendidikan Indonesia.Bety Indrajayanti Bety Indrajayanti